Baru Sebulan Selesai Dikerjakan Jembatan Wenanan Ambruk , Ini Tanggapan DPRD Belu Dapil 4

0
738

Go Berita. id. Atambua. Jembatan yang terletak didusun Wenanan, Desa Rafae ambruk padahal baru sebulan selesai dikerjakan. Kejadian ini membuat Anggota DPRD Kabupaten Belu dapil 4 bereaksi keras dan minta Pemerintah Propinsi serius menanganinya.

Anggota DPRD Belu dari partai Golkar, Theodorus Seran Tefa atau akrabnya disapa Theo Manek ditemui di kediamannya, Sabtu/07/03/2020, menyatakan kekesalannya atas kejadian ini. Menurutnya, ada indikasi kerja asal asalan pada pembangunan Jembatan tersebut. “Jembatan ini adalah Jalur Vital Belu – Malaka, konstruksi model apa sampai jembatan bisa patah model begini, padahal tidak ada bencana alam yang jadi penyebabnya atau kondisi diluar kendali lainnya. Ini jelas jelas kerja tidak berkualitas, karena ini anggaran Propinsi karena itu kita minta segera ditangani oleh OPD teknis di Propinsi, panggil kontraktornya dan tanggungjawab, kan masih di masa pemeliharaan” Tandas Manek.

Senada dengan pernyataan Theo Manek, Anggota DPRD Partai NasDem, Aprianus Hale ketika dihubungi melalui Whatsapp nya menyatakan ketidakpuasan dirinya dan Fraksi NasDem. “Tentunya bangunan jembatan ini memiliki desain yang telah direncanakan dalam beberapa proses. Jika baru dikerjakan beberapa bulan namun sudah rusak maka kami sebagai DPRD akan turun untuk melihat lebih jelas dan mengharapkan agar ada tim Teknis yang segera mengkaji ulang Pembangunan jembatan tersebut dan melihat apakah sudah Sesuai rancangan teknisnya atau dikerjakan asal jadi” Jelas Hale

Menurut Hale, NasDem akan mengumpulkan data yang cukup dan melaporkan ke Gubernur. Katanya, “Karena ini menggunakan APBD Propinsi maka kita dari Fraksi NasDem juga diminta khusus oleh Gubernur agar ikut mengawasi semua program pembangunan yang menggunakan APBD Propinsi. Kita akan laporkan ke Gubernur melalui Fraksi NasDem dan dapat ditindaklanjuti sehingga tidak korbankan rakyat sebagai pengguna Jembatan tersebut”. tambah politisi muda NasDem itu.

Baca Juga:  Tindak Lanjut Perintah Bupati Belu Terkait Penanganan Pandemic Covid-19 di Belu, Kadis PUPR Belu Lakukan Ini

“Ini tugas kami di Komisi III yang membidangi pembangunan, karena itu menjadi tanggungjawab kami dan kami upayakan dalam waktu dekat OPD yang berkaitan segera turun untuk memeriksa kelayakan kerja dari jembatan tersebut” pungkas Hale.

Untuk diketahui, Jembatan Wenanan dikerjakan oleh PT. Pubagot Jaya Abadi dari Kecamatan Cakung Jakarta Timur dengan bersumber dana dari APBD I, Dinas Pekerjaan dan Perumahan Rakyat Propinsi NTT, Bidang Bina Marga tahun anggaran 2019 dengan Pagu Anggaran 3 Milyar lebih. Jembatan yang baru selesai dikerjakan sebulan yang lalu itu ambruk seperti akan patah kebawah. Lokasi Jembatan Wenanan sangat Vital karena dijalur utama yang menghubungkan Kabupaten Belu dan Malaka. YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here