Direktur Kesehatan Hewan RI Pastikan Demam Babi Afrika Tidak Menular ke Manusia

899

Go Berita. id. Atambua. ” Saya tegaskan sekali lagi, Africa Swine Fever/ASF atau demam babi Afrika tidak bisa menular ke manusia, jadi masyarakat tidak perlu takut konsumsi daging babi” Jawab Direktur Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian RI, Fajar Sumping Tjatur Rasa, menjawab pertanyaan audiens pada Rapat Koordinasi Penanggulangan ASF tingkat kabupaten di Gedung Betelalenok, Rabu, 11/03/2020.

Baca Juga:  Polemik Excavator, Bupati Lay Jadwalkan Bertemu Kelompok Penerima Bantuan

Penjelasan Fajar tersebut menanggapi pernyataan peserta Rakor tentang ketakutan masyarakat mengkonsumsi daging babi karena Virus ASF selama ini.

Ditanyakan terkait penanganan yang benar babi yang mati Fajar menyarankan dikuburkan bangkai ternak babi. “Virus ASF mati didalam tanah, sebaiknya bangkai babi dikuburkan” paparnya.

Rakor sehari ini dibuka oleh Wakil Bupati Belu, Drs. J.T Ose Luan. Selain Direktur Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian RI, juga narasumber lainnya Kepala Balai Besar Veteriner Denpasar dan pejabat yang mewakili Kadis Peternakan Provinsi NTT. Hadir pada Rakor ini Pimpinan Forkompimda plus, Kapolsek, Danramil, Pengusaha ternak, Para Camat, Kepala Desa dan Masyarakat.YP.

Comments

comments