Covid-19 Bisa Sembuh Sendiri

609
Foto Internet: Bentuk Virus Corona

Go_Berita.Id-Atambua. Kembali ke belakang sejenak. Media internasional ramai melansir berita pada Minggu (13/03) dari Wuhan, para dokter rumah sakit darurat khusus pasien virus Korona terlihat bahagia sambil melakukan aksi lepas masker bersamaan dengan penutupan rumah sakit darurat khusus pasien Covid-19 yang terakhir di Wuhan.

Mereka patut merayakan itu, sebagaimana data resmi dan final dari China menunjukkan, kasus pasien dengan Covid-19 di China sebanyak 81.020, sebanyak 3.217 meninggal dunia, dan 67.843 orang sembuh, sementara tidak ada lagi sisa pasien Covid-19 pada waktu itu. Kejadian dan data ini menunjukkan, pasien Covid-19 bisa sembuh dan jumlah yang sembuh jauh lebih besar daripada yang meninggal dunia dengan perbandingan 96% : 04%.

Baca Juga:  Kesaksian Pasien Virus Corona Yang Sembuh Pertama

Sejak Desember 2019, awal mulainya Covid-19 di Wuhan China, belum ada obat atau vaksin hingga saat ini. Hal belum ada obat dan vaksin Covid-19 pada satu pihak, akan tetapi penderita Covid-19 bisa sembuh pada pihak lain, ini yang menarik perhatian Go_Berita, setidaknya bagaimana pasien bisa sembuh dan meninggal?

Prof. Wiku Adisasmito, Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan covid-19, dalam Konferensi Pers BNPB pada Rabu (18/03), mengatakan, “Penyakit ini sebenarnya penyakit yang bisa sembuh sendiri selama daya tahan tubuh manusia memadai untuk itu”, katanya seperti yang dilansir oleh Medcom.Id. Dengan demikian, Covid-19 bukanlah penyakit yang mematikan atau yang perlu menunggu hingga ada obatnya untuk bisa sembuh.

Baca Juga:  Pembelajaran Jarak Jauh dan Masalahnya di Belu Kota Batas RI-RDTL ( Bersama Kadis P&K Kabupaten Belu)

Achmad Yurianto, Juru Bicara Penanganan Covid-19, memberikan penjelasannya atas kasus pasien Covid-19 yang meninggal dunia di Indonesia, seperti yang dilansir oleh Liputan6.Com., “Kita perhatikan, maka seluruhnya punya penyakit pendahulu atau kumorbid, dan sebagian besar diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung kronis. Beberapa lainnya adalah penyakit paru obstruksi menahun”.

Jauh hari sebelumnya, Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Daeng Mohammad Faqih, mengatakan, “Sampai sekarang (01/2020), belum ada laporan bahwa virus corona jenis baru merupakan penyebab tunggal dari kematian para korban yang terinfeksi. Virus dan penyakit lain yang bersamaan (dengan virus Korona) itu saling memperberat. Kalau kasus tunggal karena penyakit (virus corona) itu saja, itu belum dilaporkan”, kata Daeng seperti dilansir oleh AyoBandung.Com.

Baca Juga:  Cara Israel: Rumah Makan Buka, Tapi Pengunjung Tidak Boleh Datang

Oleh karena itu, kita harus tetap waspada, namun tidak perlu panik. Hal yang paling penting adalah Kita tidak boleh sampai menjadi penular Covid-19 kepada orang lain, khususnya mereka yang sedang menderita penyakit lain seperi diabetes, hipertensi, penyakit jantung kronis, dan para lansia, karena akibatnya akan fatal. YP.

Link terkait berita ini:
https://www.medcom.id/rona/kesehatan/GbmY6oob-bagaimana-pasien-positif-covid-19-bisa-sembuh-sendiri;
https://www.ayobandung.com/read/2020/01/27/77594/virus-corona-bisa-mematikan-jika-hal-ini-terjadi-pada-tubuh-kita;
https://www.liputan6.com/health/read/4206870/19-maret-2020-ada-25-pasien-corona-covid-19-meninggal-di-indonesia;
https://www.cnbcindonesia.com/news/20200316115126-4-145115/kasus-turun-wuhan-rayakan-penutupan-rs-sementara-corona;

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

Comments

comments