Castillejo Ingin Jadi Duta Harapan Setelah Sembuh Dari AIDS

616
Adam Castillejo (Foto:Photo Credit Andrew Testa/The New York Times

Tim Goberita.Id – Ada penguat harapan datang dari London. Seorang pria Inggris, Adam Castillejo, yang telah positif HIV-AIDS, dinyatakan sembuh total.

Ravindra Gupta, penulis utama studi yang diterbitkan dalam The Lancet HIV, adalah orang yang dapat memastikan adanya kesembuhan itu. “Kami telah menguji serangkaian lokasi yang biasanya disembunyikan oleh HIV” kata Gupta kepada AFP, “Semuanya negatif untuk virus aktif” sebagaimana dilansir Inews.Id (10/03).

Sebelumnya, para peneliti di University of Cambridge, pada 2019 lalu, melaporkan bahwa mereka tidak menemukan jejak HIV dalam penelitian selama 18 bulan atas Castillejo.

Baca Juga:  Penampilan Penari Likurai Kabupaten Belu NTT Di Australia Batal Karena Covid-19

Berita kesembuhan Castillejo tersebut pun langsung viral.

Semula, Castillejo menyembunyikan identitasnya. Media memberitakannya dengan sebutan “Pasien London”. Belakangan, Maret 2020, sang “Pasien London” baru membuka identitasnya dan masih keturunan Venezuela.

Castillejo mengidap HIV pada 2003. Nasib Castillejo terbilang benar-benar buruk. Di samping telah mengidap HIV, belakangan pada 2011, Castillejo didiagnosis menderita lagi kanker darah stadium 4.

Sebab penyakit kankernya tersebut, Castillejo harus menjalani pengobatan tambahan, transplantasi sumsum tulang untuk mengobati kanker darah, dan menerima sel punca dari donor dengan mutasi genetik.

Baca Juga:  Hasil Tes Korona: Paus Dan Ajudannya Negatif

Apa yang terjadi kemudian, Castillejo justru sembuh dari HIV oleh karena pengobatan simultan. The New York Times menulis, “Kata Dr. Simon Edwards, yang bertindak sebagai penghubung antara kedua tim, setiap kali ahli onkologi menyesuaikan pengobatan kankernya, dokter penyakit menular harus mengkalibrasi ulang obat-obatan HIV”.

The New York Times menuliskan hasil wawancaranya dengan Castillejo, “Saya masih ingat, orang itu memberitahukan hasilnya dan kepanikan mulai muncul” kenang Castillejo, “Pada waktu itu, diagnosis HIV sama artinya dengan hukuman mati”.

Baca Juga:  Meja Pimpinan Sidang Parlemen Timor Leste Dihancurkan, Taur Akan Tetap Perdana Menteri?

Pada 2011, ketika Castillejo didiagnosis menderita kanker stadium 4, “Saya ingat kejadian itu sebagai hukuman mati berikutnya” kenang Castillejo lagi.

Castillejo mengungkapkan keinginannya untuk menjadi duta harapan, katanya kepada New York Times seperti yang dilansir oleh Balatina.Com (10/03). YP.

Link terkait berita ini:
https://www.inews.id/news/internasional/pria-inggris-jadi-pasien-kedua-di-dunia-yang-sembuh-total-dari-hiv;
https://belatina.com/meet-adam-castillejo-london-patient/;

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

Comments

comments