Pembatasan Sosial Membatasi Pelantikan DPP PAN dan Demokrat

502
AHY, Ketua Umum Partai Demokrat. Foto: Antara (Risyal Hidayat) diambil dari Kompas.Com

Go_Berita.id.Atambua.Pembatasan sosial (social distancing) adalah suatu gerakan sebagai kebijakan pemerintah dalam rangka membatasi pertemuan dan kontak fisik. Caranya dengan berdiam di rumah, menghindari pertemuan dalam jumlah besar, jaga jarak optimal 2 meter ketika berada bersama orang lain, cuci tangan dan baju sesudah pulang dari kepergian ke luar rumah, dan tidak berangkat ke luar daerah atau negara.

Sesuai rencana, pelantikan DPP PAN akan berlangsung pada hari ini (25/03). Namun demikian, Zulkifli Hasan, Ketua Umum PAN, telah menunda rencana pelantikan tersebut terkait kebijakan pembatasan sosial secara nasional.

Baca Juga:  26 Teroris Tertangkap, 19 orang Adalah Anggota FPI

Pelantikan DPP PAN terkait akan dilakukan setelah pandemi Covid-19 berakhir. “Pada kesempatan lain. Pelantikan tetap dilakukan setelah kasus Korona reda dan akan dihadiri Presiden Joko Widodo” kata Totok Daryanto, salah satu loyalis Zulkifli Hasan.

Sebagai penggantinya, Zulkifli hanya akan mengumumkan nama-nama pengurus DPP PAN periode 2020-2025, tanpa harus mengumpulkan banyak orang. “Mungkin besok (hari ini 25/03) ada pengumuman”, kata Totok.

Sebagaimana Zulkifli, demikian juga Agus Harimurti Yudhoyono. AHY, sapaan akrbanya Ketua Umum Partai Demokrat ini, bertugas menyusun struktur dan pengurus DPP. Sebagai Ketua Formatur DPP Partai Demokrat periode 2020-2025, AHY diberikan waktu 30 hari untuk melakukan rapat formatur.

Baca Juga:  Final Copa America, Pertaruhan Gengsi Argentina VS Brasil, Messi VS Neymar

Hingga hari ini, AHY belum melaksanakan rapat formatur dimaksud. “Setahu saya dikarenakan situasi saat ini, sepertinya belum dilakukan rapat formatur,” ujar politikus Demokrat, Renanda Bachtiar, melalui pesan singkat seperti yang dilansir Merdeka.Com (24/3).

Sebelumnya, AHY telah menginstruksikan kepada jajaran Partai Demokrat dari tingkat pusat sampai daerah untuk meniadakan dan mengurangi kegiatan partai yang mengharuskan kehadiran fisik. AHY mengatakan, koordinasi dan kerja politik dapat dilakukan secara virtual. “Koordinasi dan komunikasi, serta kerja-kerja politik agar dilakukan melalui teleconference atau aplikasi lain berbasis internet yang mendukung”, katanya sebagaimana dilansir merdeka.com (24/03), bahwa para anggota legislatif dan kepala daerah Demokrat diminta untuk menghimpun dan mendistribusikan bantuan kepada tenaga medis maupun masyarakat. Khusus kader di DPR, Fraksi Demokrat diminta membantu pemerintah dengan realokasi anggaran, merumuskan kebijakan, dan melakukan kerjasama demi penanganan Korona. YP.

Baca Juga:  Bom Bunuh Diri Terjadi Di Depan Gereja Katedral Makasar

Link terkait berita ini:
https://www.merdeka.com/politik/rakernas-ditunda-karena-corona-zulkifli-hasan-akan-umumkan-pengurus-pan-besok.html;
https://www.merdeka.com/politik/gara-gara-virus-corona-ahy-tunda-bahas-penyusunan-struktur-pengurus-demokrat.html;

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

Comments

comments