Covid-19/Korona. Uskup Atambua Belu NTT: Video Uji Klinis Para Ahli Penting Untuk Kesadaran Sosial

453

Goberita. Id. Gereja Katolik Keuskupan Atambua merespon positif terhadap kampanye pencegahan Covid-19/Korona yang selama ini dilakukan semua pihak. Diantaranya kampanye visual/Video para ahli. “Simulasi hasil klinis para ahli ini bisa dikomunikasikan sebagai media pembelajaran bersama dalam membangun kesadaran sosial masyarakat” Begitu isi pesan Whatsapp yang dikirim Uskup Atambua, Mgr. Dominikus Saku, Pr. Kamis, 26/03/2020.

Menurut Uskup Domi, setiap orang wajib tahu dan sadar. Katanya lagi, media informasi yang berisikan pengetahuan dan pencegahan Covid-19 penting membangun kesadaran masyarakat.

Baca Juga:  Cegah Korona, Ini Kebijakan Resmi Keuskupan Atambua

“Kesadaran publik masyarakat itu sangat penting, karena akhirnya tiap orang harus menjadi dokter terbaik untuk dirinya sendiri dan terhadap orang orang di sekitarnya. Memang kita masih terbatas dalam pengetahuan, teknologi dan kesadaran publik, sehingga kita perlu mengupayakan segala cara yang mungkin untuk mencegah penyebarluasan penyakit ini”. Urai Imam yang ditahbis menjadi Uskup Atambua pada 21 September 2007 ini.

Ket. Crop Foto dari Video uji Klinis Ahli. Penyebaran Korona dari terinfeksi ke yang sehat apabila jarak dekat.

Kebijakan Pemerintah terkait Social Distancing (Jarak Sosial) belum sepenuhnya dipatuhi masyarakat umum. Pantauan media, Masih terlihat kerumunan orang di fasilitas publik dan ditemui kegiatan sosial masyarakat atau berkumpulnya banyak orang.

Baca Juga:  Ansy Lema : NTT itu Nelayan,Tani, Ternak

Pemerintah melakukan sosialisasi baik secara verbal atau Visual/Video pendek tentang cara pencegahan atau pembatasan gerak dan penyebaran Covid-19/Korona. Penjarakan Sosial menjadi kunci untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19.

Selain Pemerintah lembaga Agama juga telah menerapkan cara pencegahan dengan himbauan dan aturan yang mengikat dan harus dipatuhi. Keuskupan Atambua telah resmi meniadakan aktivitas rohani terkait pekan suci paskah.

Baca Juga:  Setelah Lima Kebijakan Cegah Korona, Uskup Atambua Keluarkan Petunjuk Praktis Pastoral

Uskup Domi telah mengeluarkan Petunjuk praktis pastoral kepada para biarawan/biarawati dan umat sekeuskupan Atambua. Hal ini Berdasarkan penetapan WHO tentang social Distancing ditegaskan lagi dengan Pshycal distancing yang telah diberlakukan pemerintah Indonesia juga Dekrit Conggregatio De Culta Divino et Disciplina Sakramentorum Gereja Katolik. YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

Comments

comments