Covid-19/Korona. Wabup Belu NTT : Pemda Belu Siap

788

Goberita. Id. Diwawancarai awak media setelah membuka kegiatan Rapat Koordinasi Gugus Tugas Covid-19 di Lantai I Kantor Bupati , Jumat, 27/03/2020, Wakil Bupati Belu Provinsi NTT, Drs. J. T Ose Luan, mengatakan Pemerintah Belu siap melakukan pencegahan dan penanggulangan pasien Covid-19/Korona.

Menurut Mantan Sekda Belu ini, dirinya telah melakukan pemantauan langsung ke Rumah Sakit Umum , Mgr. Gabriel Manek, SVD, Atambua dan telah dipastikan siap. “Saya sudah langsung pantau ke RS Atambua, dari ruangannya dan tenaga medisnya sudah siap, tata ruangannya juga memenuhi syrarat untuk keluar masuk tenaga dokter dan medis”Urainya.

Lebih lanjut dikatakan Wabup Ose, dalam rapat bersama dengan dokter ahli dan tenaga medis yang dihadirinya, prioritas tempat di RSUD Atambua. “Saya hadir dalam rapat bersama dokter ahli. Untuk sementara kita (Pemda Belu) utamakan rumah sakit. Tetapi kita mengantisipasi apabila pasien membludak maka kita akan kita arahkan ke Umanen disana ada rumah aman atau puskesmas disana, GOR dan Rumah Sakit Tentara, kalau pasien melampaui kapasitas RSUD Atambua” Jelas Wabup Ose.

Baca Juga:  POLRI, TNI dan Pemda Belu NTT Serentak Operasi Cegah Covid-19

“Tadi saya sudah sampaikan kepada dokter praktek atau pribadi, apabila ada pasien yang menunjukan gejala sakit seperti terkena virus segera melaporkan ke Fasilitas kesehatan terdekat agar bisa didata dan ditangani. Kalau pasien Membludak maka semua potensi tenaga medis kita akan kerahkan untuk mengatasinya”. Kata Wabup Ose.

Menurut Wabup Ose, Pemda Belu melalui Bupati sudah mengalokasikan anggaran sejumlah 13 Miliar Untuk pencegahan dan penanggulangan Covid-19/Korona. Dirinya merasa cukup namun akan dilihat lagi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang terjadi. “Cukup untuk saat ini, tapi kalau situasi dan kondisi membutuhkan kita tambah anggarannya. Anggaran tersebut untuk Alat Perlindungan Diri bagi tenaga medis karena mereka sangat berisiko, pembelian obat, penyiapan tempat dan kebutuhan lain untuk pencegahan virus ini” Papar Wabup Ose.

Baca Juga:  El Asamau Telah Sembuh NTT Kembali Hijau

Dirinya meminta masyarakat agar tidak melakukan pertemuan atau kerumunan yang berpotensi mengumpulkan banyak orang. “Saya masih lihat kerumunan orang, jangan ada kerumunan atau jalan yang tidak perlu. TNI, POLRI dan satpol PP harus bubarkan” Tegas Wabup Ose.

Berkaitan dengan jumlah ODP di Belu, orang nomor dua di Belu ini mengatakan dirinya tidak mempunyai kapasitas menyampaikan karena informasi terkait Covid-19 Melalui mekanisme satu pintu dari Propinsi NTT namun dirinya mengakui bahwa data yang ada sesuai dengan apa yang sudah diperoleh melalui media selama ini.

Ditanyakan penanganan pasien yang menjalani karantina mandiri, wabup ose menjelaskan bahwa tenaga medis secara rutin melakukan pemeriksaan dan pemantauan. “Yang menjalani karantina mandiri itu bagi mereka yang bepergian jauh ke daerah yang kemungkinan terinfeksi” tambahnya.

Baca Juga:  Tersisa 13% Belum Tercover Jamkesda, Tahun 2021 di Belu NTT Semua Warga Nikmati Kesehatan Gratis

Wabup Belu Mencuci tangan setelah membuka Rakor Gugus Tugas Covid-19 Belu
Foto: Go_Berita.id.
Disentil terkait Pilkada, Wabup Ose Menuturkan “Saya sampai saat ini tidak berpikir soal pilkada, saya pernah ditelepon seseorang berkaitan dengan pilkada, saya marah, kita lagi atasi persoalan wabah yang mendunia ini, jangan omong Pilkada, yang ada mari kita berpikir bagaimana virus ini tidak menyerang kita” tutur Wabup Ose lugas.

Rapat Koordinasi Gugus tugas Covid-19 yang dilaksanakan hari ini, membahas perkembangan Covid-19 dan memantapkan tugas dan Fungsi instansi sektoral terkait. Juga, dibahas tentang pemenuhan Alat Pelindung diri dan skenario pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Belu. YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

Comments

comments