NTT Resmi Positif Covid-19. El Asamau Pasien Pertama Ungkap Kronologisnya

0
635

Foto: El Asamau/Pasien Pertama Covid-19 di NTT.

Goberita. Id. Nusa Tenggara Timur Resmi merilis bahwa propinsi ini sudah positif covid-19. Pemerintah NTT mengatakan bahwa seorang warganya terdapat korona. Ini disampaikan Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Propinsi NTT yang juga adalah Kepala Biro Humas dan Protokol Setprop NTT Dr Jelamu Ardu Marius, MSi, Kamis (09/04) kemarin.

Adalah El Asamau, seorang mahasiswa asal Alor NTT muncul ke publik dan mengaku kalau dialah orangnya yang disebut-sebut positif Covid-19.

El Asamau menuturkan bagaimana perjalanannya hingga ditetapkan positif Covid-19. Perjalanan El mula mula ke Jogjakarta untuk lanjutkan studinya. Dirinya berada di Jogjakarta tanggal 1 maret, waktu itu belum ada informasi WHO yang menyatakan tidak boleh ada interaksi dalam rangka pencegahan Covid-19.

Di Jogjakarta, menurut El, kelas belajar berjalan sebagaimana mestinya. Karena ada panggilan kegiatan belajar ke jakarta dirinya disana pada tanggal 9-13 maret. El menduga di jakarta kemungkinan dirinya terpapar korona. Namun El merasa kondisi tubuhnya seperti biasa. Sedangkan tubuhnya yang meriang diakui dirinya sering dirasakan dan karena dirinya mengidap asam lambung yang dideritanya sejak lama sewaktu di Alor.
Pada tanggal 15 maret dirinya mendapatkan informasi bahwa semua aktivitas belajar dihentikan dan kegiatan yang ada di Jogja dilaksanakan secara online. El memutuskan untuk kembali ke Kupang NTT. Keputusan untuk kembali ke Kupang karena sakit lambungnya, El berpikir dengan di Kupang dirinya bisa mendapatkan perawatan dari keluarga (Istri dan menantu) karena di Jogja lagi “Lockdown” sehingga untuk membeli makan saja dirinya merasa kesulitan.

Dari Jakarta, El kembali ke Kupang melalui Denpasar-Bali pada 18 Maret untuk bertemu salah seorang kakaknya yang sudah lama tidak ketemu. Empat hari kemudian, tepatnya 22 Maret, El melanjutkan perjalanannya ke Kupang. Di Kupang El merasa tubuhnya seperti biasa. Walau meriang dirinya masih beranggapan asam lambungnya. Dari Jakarta ke Kupang, Menurut El, dirinya menghindari interaksi yaitu salaman, menggunakan masker dan membawa hand zanitizer untuk mencuci tangan selalu.

Baca Juga:  PDIP Dukung Paket Sahabat di Belu, Sari Bere : Saya Tegak Lurus

Selama dikupang El menjalankan karantina mandiri. Dirinya tidak berinteraksi dengan anggota keluarga dan hanya berada di satu kamar sendirian. Karena lama dan untuk menghilangkan kejenuhan dirinya membaca, menulis dan mendengar musik. El sempat selesaikan menulis sebuah buku.

Sekitar tanggal 26 dirinya mendapatkan kabar bahwa seorang temannya yang waktu itu sama-sama di Jakarta berstatus Pasien Dalam Pemantaun (PDP). Informasi ini mendorong El melakukan pemeriksaan dirinya ke Rumas Sakit Umum pada tanggal 27 Maret. Di Rumah Sakit, El diambil darah untuk diperiksa dan dilakukan Sweep dan setelah dikasih obat, El diinfokan bahwa hasil pemeriksaan tersebut akan disampaikan seminggu kemudian atau pada 4 April. Hingga 4 April dirinya tidak mendapatkan kabar sehingga El berasumsi bahwa mungkin dirinya tidak apa apa atau tidak terpapar korona. Pada tanggal (9/04) kemarin El mendapat informasi dirinya postif Covid-19. El mengatakan dirinya merasa informasi itu terlambat atau tidak seperti yang dijanjikan.

Penuturan El ini melalui video yang dibuatnya diruang isolasi. Hingga Jumat (10/04) pukul 07.45 wita, video diunggah di Youtube-nya sudah ditonton 17 ribu orang, suka (like) 2,2 ribu dan subscribe 1,54 ribu.

El sementara menjalani perawatan di ruang isolasi pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang. Menurut El, dirinya mengapresiasi dan berterimakasih kepada pihak RSUD yang memberikan perhatian dan pelayanan dengan baik dan penuh keramahan kepada dirinya yang berstatus positif Covid-19. El menjelaskan sampai dengan saat ini dia merasa kondisinya dalam keadaan prima. Dirinya mengharapkan dukungan keluarga dan teman sekalian untuk memberinya motivasi. Dari balik ruang isolasi tersebut El juga menghimbau agar masyarakat NTT mengikuti segala anjuran Pemerintah dalam rangka pencegahan Covid-19.

Baca Juga:  Survey Teratas, Banteng Bermata Merah Dukung SAHABAT

Direncanakan, Jumat (10/04) siang ini, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat akan memberikan keterangan resmi terkait status wilayah NTT. ISTO/TTU.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here