Juru Bicara Covid NTT: Pasien 01 Positif Covid-19. Petugas Tracing Riwayat Kontak

729

Goberita. Id. Setelah satu pasien yang terkonfimasi positif covid-19. Maka status NTT positif korona. Pasca dinyatakan sebagai pasien nomor 1(satu) positif atau yang terpapar Covid, langkah selanjutnya sedang dilakukan Pemprov NTT adalah Tracing atau penelusuran kepada pihak yang pernah melakukan kontak fisik dengan pasien.

Hal ini disampaikan Juru bicara Gubernur NTT, Kadis Kesehatan Provinsi NTT, DR. drg. Domi Minggu Mere, M. Kes.di ruang Biro Humas Setda NTT, Jumad (10/04) Pkl. 12.00 Wita.

Mere mengatakan ini sebagaimana menjadi informasi resmi Pemprov NTT soal status Covid-19.

Baca Juga:  Pemakaman Jenazah Pasien Covid Belu dibawah Guyuran Hujan dan Penuh Keharuan

“Sebagai Jubir Gubernur, sebagaimana diketahui pasien 01 terkonfimasi positif. Pasien 01 tersebut kronologisnya datang ke Rumah Sakit Yohanes dengan inisiatif sendiri memeriksakan kesehatan pada tanggal 27 maret dan hasil pemeriksaan laboratorium terkonfimasi positif” Urai Mere.

Langkah selanjutnya menurut Mere bahwa saat ini petugas sedang melakukan penelusuran terhadap riwayat perjalanan pasien 01 tersebut.

“saat ini kami sedang melakukan tracing (penelusuran) terhadap pasien 01 tersebut, dimana pasien melakukan sosialisasi diri dan kontak-kontak dengan para pihak, sementara dilakukan tracing oleh petugas”, urai Mere.

Baca Juga:  Hoax Terjang Keras Paslon Sahabat, Dari Air Motamoru Hingga Dibilang Bodok dan Tua Renta

Soal waktu sweep dan hasil laboratorium Mere mengakui bahwa lamanya feedback atau hasil sweep pasien 01 karena menunggu hasil uji laboratorium di Kemenkes RI. “Bila dilihat dari waktu pengambilan Sweep dan hasil laboratorium memang cukup lama”. Katanya lagi, “Karena itu Pemprov NTT sudah melakukan koordinasi dengan Kemenkes untuk memdapatkan penguatan dalam hal fasilitas dan kewenangan untuk melakukan uji laboratorium”, papar Mere bersambungan.

Baca Juga:  Tidak Ada Bantuan 7,5 Juta dari Koperasi, Balthasar: Kasihan Masyarakat Sudah Susah Ditipu dan Dibuat Tambah Susah

Mere menyampaikan informasi ini pada jumpa pers yang ditayangkan secara live. Dirinya juga mengumumkan kesiapan Pemprov NTT terkait Laboratorium di RSUD W.Z. Yohanes yang dalam tahap pembangunan. Untuk tenaga medis dan dokter, Mere mengatakan ada dokter patologi klinik yang siap melakukan pemeriksaan PCR, namun perlu ada penguatan atau pelatihan apabila peralatan telah ada atau siap. YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

Comments

comments