Satgas Yonif Raider 142/KJ Serahkan 43 Dus Tembakau Hasil Sitaan Ke Bea Cukai Atambua

416
Penyerahan Hasil sitaan satgas pamtas 142/Kj ke beacukai atambua.

Goberita. Id. Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia – Republik Demokratik Timor Leste (RI-RDTL) Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ menyerahkan 43 Dus Tembakau merek Shag ke pihak Bea Cukai Atambua. 43 Dus Tembakau merek Shag ini diduga akan diselundupkan ke RDTL.

Terpantau awak media penyerahan barang bukti ke Beacukai ini dilakukan langsung oleh Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, Letkol Inf Ikhsanudin didampingi Wadan Satgas Yonif R 142/KJ Kapten Inf M. Riduan, Pasi Intel Satgas Kapten Inf Mairi Hendra, Pakum Satgas Letda Chk Andi Heryandi dan belasan personil Satgas Yonif Raider 142/KJ (11/05) Pkl.17.00 hari ini.

Menurut pihak Satgas pemilik dari 43 dus tembakau Shag tersebut adalah milik seorang warga Belu di Atapupu bernama Heri Lau.

Baca Juga:  Abio, Striker PS Kabuna Perkuat Tim Sepak Bola NTT di PON 2021

” Kita sudah serahkan ke Bea Cukai barang bukti berupa 43 dus shag yang dimiliki oleh saudara Heri Lau,” kata Letkol Inf Ikhsanudin.

Kepada media Ikhsanudin mengatakan bahwa penyerahan barang bukti berupa 43 dus tembakau merek Shag adalah keseriusan pihaknya untuk menggagalkan segala bentuk upaya penyelundupan barang-barang illegal di wilayah Perbatasan Negara RI-RDTL Sektor Timur.

Lebih lanjut Ikhsanudin berharap agar dengan penyerahan barang bukti dan pemiliknya, pihak Bea Cukai Atambua bisa diproses berdasarkan Undang-undang yang berlaku.

“Harapan saya ini diproses berdasarkan Undang-Undang kepabeanan yang berlaku di Republik Indonesia,” Ujar Ikhsanudin.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat agar bila ingin melakukan kegiatan ekspor-impor harus secara resmi melalui prosedur di Bea Cukai bukannya melalui jalur penyelundupan.

Baca Juga:  Sidang Sengketa Hibah Tanah Haliwen, Kedua Pihak Diberi Waktu Mediasi

Penyerahan tersebut di lobi depan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC)Tipe Madya Pabean B Atambua
dan diterima oleh Kepala Bea Cukai Atambua, Tribuana Wetangterah, didampingi beberapa stafnya.

Menurut Tribuana, bahwa barang bukti yang sudah diterima dan akan diantar ke gudang yang ada di Atapupu untuk dilakukan penghitungan sesuai data penyerahan sebanyak 43 dus.

” Satgas 142 sudah serahkan ke kami. Sekarang dilakukan pemindahan barang bukti ke gudang. Kami akan hitung dulu. Setelahnya baru kami akan tindak lanjut dengan meneliti berkas perkara yang ada,” Jelas Tribuana.

Baca Juga:  Jelang Pilkada Belu, Spekulasi dan Nama Paslon Mulai Beredar Ramaikan Medsos

Tambah Tribuana, setelah berkas tersebut diteliti maka akan ditentukan langkah berikut yang harus diambil pihak Bea Cukai Atambua.

Berita sebelumnya dilansir dari media Pos Kupang (12/12/2019) Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ berhasil menyita 43 dus tembakau merek shag tanpa dokumen resmi di Dusun Fatukmetan, Desa Kenebibi, Kecamatan Kakulukmesak-Belu, Minggu (10/11/2019). Diduga tembakau tersebut hendak diselundupkan ke Timor Leste melalui jalur laut.

Malam ini juga setelah penyerahan tadi pihak Bea Cukai Atambua secara bersama Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ langsung mengantarkan barang tersebut ke Gudang Bea Cukai Atambua di Atapupu . YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

Comments

comments