Helio Caetano Moniz: Demokrat Belu Sudah Dapat Koalisi

0
1384
Helio Caetano Moniz, Wakil Ketua IV DPC PD Kabupaten Belu (Foto: koleksi pribadi)

DPC DEMOKRAT BELU – Kabupaten Belu akan menyelenggarakan Pilkada pada 09 Desember 2020. Ada dua pasangan calon yang santer dibicarakan di kalangan masyarakat akan ikut berkompetisi, yakni pasangan Willybrodus Lay dan J. T. Ose Luan dengan tagline SAHABAT dan pasangan Agus Taolin dan Aloysius Haleserens dengan tagline Sehati. Masyarakat pun mulai membicarakan partai-partai mana yang akan mendukung masing-masing pasangan calon tersebut.

Helio Caetano Moniz, Wakil Ketua IV, DPC PD Kabupaten Belu, dihubungi Tim Media Demokrat Belu di rumahnya hari ini (10/08). HCM, sapaan akrabnya, mengatakan “Partai Demokrat sudah pasti memberikan dukungan kepada SAHABAT sebagai kader partai, dan sudah diberikan surat keputusan yang diserahkan langsung kepada WL (Willy Lay).”

Namun demikian, Partai Demokrat Kabupaten Belu, sesuai hasil Pemilihan Legislatif 2019, hanya memperoleh 4 kursi di DPRD Belu, sedangkan sudah ditetapan syaratnya partai pengusung harus memiliki minimal 6 kursi di DPRD. Untuk itu, HCM menjelaskan, “Ya, betul, PD harus mendapatkan partai koalisi untuk memenuhi kuota minimal 6 kursi. Yang jelas sudah ada koalisinya itu, dan masyarakat akan tahu pada waktunya.”

Ditanya soal mengapa enggan membuka isi koalisi partai kepada Tim Media DPC PD Belu, pria yang kesehariannya sebagai pengacara ini pun mengatakan, “Partai diurus dan diputuskan di pusat, bukan di daerah. Sebaiknya, kita menanti sampai orang pusat memberikan putusan, baru bisa bicara kepada masyarakat. Untuk saat ini, saya hanya bisa mengatakan, SAHABAT pasti mendapatkan partai koalisinya dalam ajang Pilkada kali ini,” demikian alasan HCM.

Sebagaimana berita beredar melalui media sosial, pasangan Sehati dilansir, akan memperoleh koalisi besar, sebaliknya SAHABAT sebagai petahana akan maju dengan kolaisi kecil. Hal ini bisa mempengaruhi soal perolehan suara. Kata HCM menjawab Tim Media ini bahwa partai sangat penting untuk mendulang suara, apalagi partai-partai yang punya calon di DPRD dan calonnya itu termasuk favorit masyarakat. Namun demikian, HCM menambahkan, “Jika kita terpaksa, maju dengan koalisi kecil, kita harus bekerja ekstra. Partai merupakan salah satu indikator, masih ada indikator lainnya. Kita perkuat indikator lainnya itu sambil berharap PD dan koalisi untuk berusaha all out, semua turun ke medan. Intinya, kita maju dan serahkan kepada pilihan masyarakat,” katanya dengan mimik serius. (C. Teles)

Baca Juga:  Sebelas Rumah Warga Salala Kabuna Rusak Berat Dilandai Hujan Angin

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here