Kemen PUPR Bangun 200 Unit di Belu, Bupati Lay : Terimakasih Jokowi

0
512

Goberita.id. Tahun ini Pemerintah Pusat melalui Ditjen Perumahan, Kementerian PUPR akan membangun 200 unit rumah khusus (Rusus) di tiga desa di tiga kecamatan di Kabupaten Belu. Atas perhatian Pemerintah Pusat tersebut Bupati Belu, Willybrodus Lay, menyampaikan terimakasih kepada Presiden Jokowi.

Rencana pembangunan rumah tersebut disampaikan Direktur Rumah Khusus, Ditjen Perumahan, Kementerian PUPR, Jony Subrata kepada wartawan di rumah jabatan Bupati Belu, (18/8) hari ini.

Menurut Jhoni, sesuai instruksi Presiden Jokowi, tahun ini dibangun rumah khusus bagi warga Belu sebanyak 200 unit.

200 unit rumah itu katanya, akan dibangun di tiga desa yakni Desa Tohe, Kecamatan Raihat, Desa Tukuneno, Kecamatan Tasifeto Barat dan Desa Manleten, Kecamatan Tasifeto Timur.

Terkait kunjungan hari ini Jhoni menerangkan bahwa pihaknya bermaksud mengkoordinasikan kesiapan lahan, utilitas yang akan dibangun seperti listrik dan air bersih. Jika semua beres, maka akan dibangun dalam tahun ini.

Untuk pembangunan 200 rumah tersebut, Jhoni menguraikan bahwa pihaknya menyiapkan anggaran sekira Rp 31 miliar.

“Rumah yang akan dibangun seperti RISHA yang sudah dibangun sebelumnya di Silawan dengan tipe rumah 36 dengan total anggaran semuanya 31 Miliar, ” Urai Jhoni.

Menyoal apakah pola pengerjaan rumah menggunakan sistem swadaya, dia mengatakan melihat tenggat waktu yang ada, maka mekanisme melalui tender dan tidak melalui pola swadaya. Pasalnya, diakhir tahun Rumah Khusus itu harus ditempati.

Ditempat yang sama Bupati Belu, Willybrodus Lay kepada media mengucapkan terima kasih kepada Presiden, Joko Widodo dan Kementerian PUPR yang telah menjawab dengan mengalokasikan 200 rumah bagi masyarakat di Kabupaten Belu.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Presiden dan Kementerian PUPR atas bantuan rumah untuk warga Kabupaten Belu,” ungkap Willy Lay.

Baca Juga:  Kuasa Hukum Member Listya Dewi Arisol Duga Laporan Terhadap Kliennya Upaya Hindari Masalah Sebenarnya

Lay menguraikan, rumah khusus itu akan dibangun di Tohe sebanyak 100 unit, sedangkan Desa Manleten dan Desa Tukuneno masing-masing 50 unit.

Willy Lay berharap, bantuan rumah yang ada menolong warga setempat mendapatkan rumah layak huni dan bisa meningkat kesejahteraan rakyat Belu pada masa mendatang.

Hadir mendampingi Bupati Belu, Kepala Dinas PUPR Belu, Vincent K. Laka. Selain bertemu Bupati, Rombongan Kemen PUPR bersama Kabid Perumahan dan Permukiman PUPR Belu, Yohanes Moruk, langsung meninjau lokasi yang sedianya akan dilaksanakan Pembangunan.YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here