Kebakaran Di Gudang Yohanes Juang

0
281

Di bawah terik matahari dengan suhu 33⁰C, pukul 15.00 Wita hari ini, Minggu (13/09), asap hitam membumbung je angkasa. Goberita.Id pun bergegas menuju lokasi, ternyata di Kelurahan Tenukiik Kecamatan Kota Atambua Kabupaten Belu, tepatnya di belakang Mai Ona Mart, rumah gudang milik Yohanes Juang, anggota DPRD Kabupaten Belu.

Sebagaimana dugaan, kejadian ini adalah kebakaran. Objek kebakaran adalah tumpukan kulit kayu kering sekitar 5 m³ yang tersimpan dalam ruang terbuka tetapi masih dalam pagar.

Menurut Juang, tumpukan kulit kayu adalah sisa dari gergaji kayu gelondongan mana baloknya buat kusen rumah gudang, sebagian dibeli dari perusahaan mebel, sehingga kulitnya ditampung sementara di belakang gudang sejak 5 bulan lalu. Rencananya, kulit kayu akan dipakai buat pagar kebun, namun belum sempat akibat kesibukannya.

Dugaan sebab kebakaran, masih menurut Juang, kemungkinan anak-anak masak makanan buat anjing, tetapi lupa mematikannya, sehingga api merembet ke tumpukan kulit kayu. Sebagaimana pantauan Goberita, tepat di bawah tumpukan kulit kayu yang terbakar, ada sebuah tungku dengan periuk besar masih di atasnya. Periuk tersebut berkapasitas sekitar 5 liter. Demikian juga ada 4 kandang anjing mana dalam gudang tersebut yang berjarak sekitar 10 meter dari sumber api berisi anjing jenis lokal yang terus menggonggongi masyarakat yang menyaksikan kebakaran tersebut. Namun, tidak ada hal apa pun yang terjadi dengan anjing-anjing tersebut.

Pihak pemadam kebakaran langsung bergerak cepat. Mobil pemadam pertama sudah tiba di tempat kejadian hanya dalam waktu 15 menit kemudian sejak kebakaran terjadi. Tidak lama setelah itu, bantuan datang lagi dari 3 mobil tengki, terakhir datang lagi satu unit mobil pemadam kebakaran.

Proses pemadaman sendiri berlangsung alot karena kulit kayu kering termasuk bahan mudah terbakar dan sulit dipadamkan. Dari begitu banyaknya kendaraan, proses pemadaman memakan waktu satu jam penuh sehingga baru berakhir pada pukul 16.00 Wita.

Baca Juga:  HCM: Kalau Mata Saja Dikhianati, Maka Sudah Pasti Janji Diingkari

Atas gerak cepat tersebut, diakui Juang, “Pemadam tiba cepat juga. Saya berterima kasih kepada para awak pemadam. Jasa kalian sangat besar” ucapnya sambil mengenang, “Saya jadi ingat lagi, usulan mobil pemadam kebakaran itu ditetapkan pada masa kami, dan kami sendiri juga yang akhirnya menggunakan jasanya” kata Juang lebih lanjut.

Atas kejadian ini, Juang menilai sebagai suatu pelajaran untuk lebih berhati-hati. “Atas kejadian ini, saya mengucapkan terima kasih kepada tetangga semua yang telah berbaik hati, datang menolong dengan caranya masing-masing. Saya juga memohon maaf kepada para tetangga yang sempat panik tadi” kata Juang.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here