26 Teroris Tertangkap, 19 orang Adalah Anggota FPI

0
412
Foto ist. Dari 26 Teroris 3 diantaranya wanita. Mereka terafiliasi ke JAD dan ISIS.

Goberita.id. Sebanyak 26 terduga teroris yang tertangkap petugas Densus 88 di Makassar dan Gorontalo, tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten (04/02/2021). Dari jumlah tersebut, 19 di antaranya adalah anggota Front Pembela Islam (FPI). Dari total 26 teroris yang dibawa, sebanyak tiga orang merupakan wanita. Rombongan teroris ini dibawa dengan menggunakan Boeing 737-900 EDR milik maskapai Lion Air.

Demikian dikatakan Karo Penmas Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono. Polri mengungkapkan bahwa 19 teroris dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Makassar merupakan anggota FPI.

“Semua terlibat atau menjadi anggota FPI di Makassar. Mereka sangat aktif dalam kegiatan FPI di Makassar,” kata Rusdi dalam konferensi pers di Bandara Soetta, Tangerang, Banten seperti yang dirilis Okezone.com.

Dikutip dari Kompas.com, Menurut Rusdi, kelompok teroris dari Makassar ini memiliki berbagai rencana yang bisa mengganggu stabilitas serta keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kelompok ini biasanya melakukan aksi bom bunuh diri. Rusdi menyebutkan, salah satu dari 19 tersangka teroris kelompok Makassar ini merupakan anak pasangan suami istri Rullie Rian Zeke dan Ulfah Handayani.

Mereka adalah pelaku bom bunuh diri di Katedral Our Lady of Mount Carmel, Pulau Jolo, Filipina Selatan.

“Kelompok ini mempunyai ke mental untuk melakukan kegiatan-kegiatan bom bunuh diri,” ujar Rusdi kepada Kompas.com.

Dalam penjemputan hari ini, juga ada sembilan tersangka teroris dari Gorontalo. Mereka juga bagian dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berafiliasi dengan ISIS. Total 26 tersangka teroris yang dijemput Polri telah dipindahkan ke Rutan Mako Brimob di Cikeas. YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

Baca Juga:  Dinsos Pastikan Tidak Ada Bantuan Uang 7,5 Juta, Warga Belu Diminta Jangan Cepat Mempercayai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here