Kerumunan di Pekuburan Jenazah Pasien Covid Mulai Meresahkan

1999
Situasi pemakaman jenazah pasien Covid pagi ini (13/02) di pekuburan umum Masmae, Belu. Nampak kerumunan sanak keluarga dan penghantar yang ramai tanpa jarak dan dekat dengan liang kubur.

Goberita.id. Pekuburan Umum jenazah pasien Covid di Masmae, Belu, terus ramai. Pagi ini (13/02) Petugas kembali memakamkan dua orang pasien yang meninggal tadi malam di RSUD Gabriel Manek, SVD Atambua. Situasi pekuburan akhir-akhir ini mulai meresahkan, sebab kerumuman keluarga dan pengantar jenazah cukup banyak dan tanpa jarak pembatasan. Kerumunan dengan mengabaikan protokol covid ini dapat menyebabkan kelompok tertular atau terciptanya Cluster baru dan membuat petugas pemakaman kesulitan leluasa bergerak sewaktu memakamkan.

Baca Juga:  Bupati Belu Keluarkan Instruksi PPKM Level Tiga, Pelaku UMKM dan Masyarakat Wajib Disimak!

Hal ini disampaikan Kepala Dinas PUPR Belu yang juga adalah Koordinator Bidang Penanganan Jenazah Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Belu, Vincent K. Laka (13/02) pagi ini.

Menurut En, Nama akrabnya Vincent K Laka, keluarga dan penghantar yang banyak tanpa APD dan dengan jarak saling dekat sangat beresiko tertular. Petugas Pemakaman telah dilengkapi dengan APD komplit dan disinfektan sehingga aman dan resikonya ada pada keluarga dan penghantar yang datang di pekuburan dengan jara dekat di liang kubur.

Baca Juga:  Pemakaman Jenazah Pasien Covid Belu dibawah Guyuran Hujan dan Penuh Keharuan

Eng menghimbau agar semua sanak keluarga yang berduka agar tetap menjaga kesehatan dengan taat memgikuti protokol Covid terutama di lokasi yang beresiko seperti pekuburan Jenazah pasien Covid.

” kita pahami duka keluarga, tetapi tetap harus taat pada protokol Covid. Disini (pekuburan Masmae), petugas pemakaman sudah dilengkapi APD dan disinfektan, sedangkan yang tidak lengkap APD jauh jaraknya, supaya menghindar dari resiko tertular dan tidak mengganggu jalannya proses pemakaman, ” ujar En.

Baca Juga:  Rasakan Perubahan di Masa Sahabat Warga Silawan Nyatakan Lanjutkan!

Perlu ada pembatasan di lokasi pekuburan kata En, dirinya mengharapkan kerjasama dari semua pihak terutama pengertian dari keluarga yang berduka.YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

Comments

comments