Permukaan Jembatan Fatubenao Retak, Ini Penjelasan Kadis PUPR Belu

0
1312
Retak dari kiri ke kanan jembatan Fatubenao, Nampak Banjir Kali Talau Meluap di Bawah Jembatan.

Goberita.id. Kondisi Jembatan Fatubenao nampak retak pada aspal dipermukaan. Hal ini menimbulkan kekuatiran warga pelintas jalan. Jembatan ini adalah jalur aliran Kali Talau. Jembatan Fatubenao yang terletak di Kelurahan Fatubenao adalah juga ruas utama lalulintas beberapa Kecamatan di Utara Belu dan warga sekitarnya untuk datang ke pusat Kota Atambua.

Kadis PUPR Kabupaten Belu, Vincent K. Laka ketika dikonfirmasi (04/03) siang ini mengatakan bahwa tim PUPR sudah bergerak cepat memantau langsung lokasi dan melihat konstruksi jembatan Fatubenao serta kerusakan yang diakibatkan cuaca Ekstrim, Hujan Deras beberapa hari ini.

” Kami infokan retak jembatan pada tiang tengah arah dengan lebar 2-3 cm dan expantion sisi kanan sudah frei dari tumpuan jembatan,” Jelas En nama akrab kadis PUPR.

En mengakui bahwa ada terjadi pergeseran pada sisi kanan Jembatan, namun abudment (Kepala Jembatan) yang memikul beban jembatan masih dipastikan aman.

” Yang bergeser sisi kanan Jembatan, sisi kirinya tidak, untuk abudment jembatan sendiri aman, pondasinya sendiri yang belum tahu karena banjir masih tinggi,” Kata En

Bagian bawah Jembatan Fatubenao saat ini dipastikan masih aman pada Kepala jembatan, penyanggah beban.
Namun pihak PUPR belum bisa mengambil langkah teknis atau langsung memperbaiki kondisi jembatan ini, saat ini tambah En, dipasang dulu Rambu agar pelintas jembatan lebih waspada

” Solusinya sementara dipasang rambu peringatan dulu karena penanganan secara emergensi agak berat, karena gelagar yang bergeser langsung terhubung dengan rangka samping dan atap jembatan” pungkas En.

Sejak semalam hujan deras mengguyur Kota Atambua dan sekitarnya. Hujan disertai angin kencang ini selain menimbulkan luapan banjir di Kali Talau, retak pada jembatan Fatunenao, juga menimbulkan robohnya pohon di Atapupu dan tanah longsor Di Desa Kabuna.YP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here