PN Atambua Gelar Sidang Perdana Sengketa Hibah Tanah Haliwen

0
1330
Kuasa Ahli Waris, Helio Moniz dearaujo bersama Agus Pinto, DPRD Belu Partai Gerindra, di Pengadilan Negeri Atambua saat berbincang dengan Anak Cucu Ahli Waris.

Goberita.id. Pengadilan Negeri Atambua Kelas IB menjadwalkan sidang perdana gugatan tanah Haliwen, depan Bandara Haliwen, Kelurahan Manumutin, Kabupaten Belu, NTT yang dihibahkan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat kepada warga eks Tim-tim. Gugatan tersebut diajukan Ahli Waris Zakarias Maukura melalui Kuasa Hukumnya Helio Moniz Dearaujo terhadap Gubernur NTT, selaku tergugat I, Bupati Belu Tergugat 2. Badan Pertanahan selaku turut tergugat 1, Ketua DPRD NTT selaku turut tergugat 2 dan Presiden RI selaku turut tergugat 3.

Helio ditemui di Pengadilan mengatakan bahwa jadwal sidang hari ini (04/05) yang seharusnya dilaksanakan pada Pukul 09 Wita, namun sampai saat ini belum dapat dilaksanakan. Menurut Helio, Majelis Hakim menunda beberapa jam kedepan karena belum ada informasi terkait kehadiran turut tergugat 1 Badan Pertanahan, turut 2 Ketua DPRD NTT dan turut tergugat 3 Presiden RI, Jokowi.

Kata Helio, turut tergugat 1, Badan Pertanahan memastikan tidak hadir atau tidak menggunakan haknya. Selain itu dirinya mendapat informasi dari Kabag Hukum Propinsi NTT, Lukas Nikolaus Mau, SH, yang saat itu juga ada di PN Atambua bahwa turut tergugat 2 Ketua DPRD NTT belum mendapat panggilan untuk sidang hari ini. Sedangkan turut tergugat 3, Presiden Jokowi, menurut informasi tidak resmi telah melimpahkan haknya kepada Kejaksaan Negeri Atambua. Namun kata Helio, Majelis Hakim akan mengkofirmasi ke Kejaksaan Negeri Atambua.

Nampak yang hadir, Pejabat Pemprov NTT terkait sengketa ini, Pejabat yang mewakili Pemda Belu, Kuasa Hukum Ahli Waris dan anak cucu ahli waris Zakarias Maukura. Hingga berita ini diturunkan, sidang belum dimulai dan ditunda hingga pukul 14.00 Wita nanti. YP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here