Abio, Striker PS Kabuna Perkuat Tim Sepak Bola NTT di PON 2021

0
925
Ist. Flavio Soares/Abio, (22), berbaju putih di apiti dua pemain lawan berbaju kuning. Abio, Striker PS Kabuna yang akan memperkuat Squad Bola NTT di PON nanti.

Goberita.id. Abio, penyerang (Striker) Persatuan Sepak Bola Kabuna (PS Kabuna) biasanya bergerak di sayap kanan lapangan hijau, dipercayakan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk memperkuat Tim Sepak Bola NTT di Pekan Olahraga Nasional (PON) yang rencananya akan dilaksanakan di Papua pada tanggal 2-15 Oktober 2021. Pemain muda energik dan berbakat ini lolos sebagai salah satu Atlit Sepak Bola di PON setelah melalui seleksi ketat di Pra PON sebelumnya pada desember 2020 di Kabupaten TTS. Seleksi tersebut melibatkan pemain sedaratan Timor, Alor dan Sumba dengan jumlah 130an pemain.

Pemain muda kelahiran Maliana 02 Pebruari 1999 dengan nama panjang Flavio Soares ini sejak kecil memang memiliki bakat bermain bola sejak dini. Namun katanya, dirinya baru Fokus di Sepak Bola sejak Usia 15 Tahun dan langsung memperkuat PS Kabuna. Pengelaman debut pertamanya dilaga besar adalah bergabung dengan klub Bintang Timur bertanding di Kupang dan keluar sebagai juara I.

Sebagai atlit Bola NTT di PON ternyata membutuhkan ketrampilan dan kedisiplinan yang tinggi.

” Waktu Pra Pon, Kami seleksi selama 3 bulan mengikuti pemusatan latihan (TC) di beberapa daerah, lalu mengikuti tour atau laga persahabatan, tentu harus betul betul punya stamina prima dan disiplin ikuti latihan, kalau tidak banyak pemain lain yang juga punya bakat dan skill diatas rata-rata yang lolos ke PON, ” Tutur Abio.

Menurut Abio, dirinya bersama rekannya dari Belu, Crespo Hale, saat ini tinggal menunggu panggilan manajemen bola kaki NTT mengikuti TC untuk PON nanti. Pemain dengan kecepatan lari dan memiliki akurasi tendangan sering membobol gawang lawan ini pernah bermain di liga 1 U20 perkuat PS TNI yang berganti nama Persikabu bertanding di jakarta. Dua kali bersama Persab Belu. Saat ini dirinya tidak bisa lagi masuk dalam Squad Persab, sebab harus konsen di PON.

Baca Juga:  Kapolres Belu Pimpin Operasi Bagi Sembako Kepada Warga Terdampak Korona

Ps Kabuna sewaktu menjuarai Bupati Cup di Lapangan Umum Atambua.
PS Kabuna sendiri adalah Klub Bola berasal dari Desa Kabuna, kecamatan Kakuluk Mesak, Belu. Klub ini terdiri dari putera-putera Kabuna yang tersebar di beberapa dusun. Semenjak ditangani Pelatih Joao Baptista yang juga kakak kandung Abio, PS Kabuna diperhitungkan sebab berprestasi menjuarai pertandingan antar Desa dan antar Klub, dan turnamen Kasta tertinggi di Belu, Bupati Cup. Di Persepakbolaan Kabupaten Belu, Desa Kabuna cukup dikenal karena berisikan pemain-pemain berbakat alami. Rasanya belum lengkap sebagai Klub kalau belum sempat berlaga bersama PS Kabuna. Pasalnya, Klub ini selalu tampil dengan komposisi Komplit. Lapangan PS Kabuna yang juga adalah markas besarnya di Haliwen, selalu ramai menjamu Klub dari luar bertanding. Di lapangan ini pernah dilaksanakan Turnamen Kabuna Cup yang melibatkan semua Klub di Belu. Begitupulah tak jarang PS Kabuna mendapat undangan bermain dalam Belu bahkan tandang ke Kabupaten TTU, terakhir kali menjalani laga persahabatan dengan FC. Viktory, salah satu klub besar di TTU. Selain Abio, Ada beberapa nama lainnya yang cukup berpengaruh di PS Kabuna, diantaranya Alex Gomes pemain gelandang senior, Aboy, di benteng pertahanan ada Eben Basmeri, Edy , Dovan, Afuk dan Kris Rodriques, sebagai penjaga gawang. Semuanya ini rata-rata pernah dipanggil memperkuat Persab Belu.YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here