Mediasi Kedua Sengketa Hibah Tanah Haliwen, Penggugat Tawarkan Ganti Rugi

0
450
Ahli waris Zakarias Maukura selaku Penggugat hadir di mediasi ke 2 hari ini di PN Atambua.

Goberita.id. Perkara sengketa tanah haliwen, depan Bandara A. A Bere Talo, yang dihibahkan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat kepada warga eks Tim-Tim memasuki mediasi kedua. Ahli waris Zakarias Maukura selaku Penggugat melalui kuasanya Helio Moniz de Araujo dan Ferdinand Ba’e mengajukan tawaran damai secara tertulis. Adapun sebelumnya di mediasi pertama (25/05/2021) penggugat mengajukan agar tergugat mengembalikan hak warisan tersebut. Mediasi 1 itu akhirnya gagal, sebabnya tergugat tidak setuju tawaran mengembalikan tanah yang telah dihibahkan. Pada mediasi kedua ini, penggugat mengajukan alternatif lain yaitu ganti rugi dan tawaran tersebut selanjutnya akan dipertimbangkan Tergugat 1 dan 2 atau Gubernur dan Bupati.

Mediasi kedua ini dilaksanakan di Pengadilan Negeri Atambua (08/06) hari ini. Penggugat dan tergugat hadir dan mediasi dimoderatori hakim mediator.

Helio, mengatakan bahwa mediasi berjalan lancar dan tergugat telah menerima tawaran dari pihaknya selaku penggugat.

” Tadi sudah kami (penggugat) tawaran secara tertulis yaitu ganti rugi dan kuasa tergugat akan membawa ke tergugat 1 atau Gubernur NTT dan tergugat 2 atau Bupati Belu untuk dipelajari dan memutuskannya” Papar Helio

Selain itu menurut Helio, Badan Pertanahan Belu selaku turut tergugat juga telah mengirimkan resumenya.

” Dalam resume Badan Pertanahan, disebutkan bahwa sertifikat yang telah diterbitkan adalah alat bukti yang kuat dan sah, sama halnya dengan sertifikat nomor 15 tahun 2011 atas nama Pemkab Belu adalah sah, tetapi apabila ditemukan hal-hal lain yang bisa menjadi alasan untuk membatalkan sertifikat itu maka pertanahan menyerahkan kepada Hakim untuk memutuskannya, sedangkan tergugat 1 dan 2 di mediasi berikutnya baru akan membuat resumenya karena hari ini baru mendapat tawaran damai dari penggugat, ” Jelas Helio

Baca Juga:  Polemik Excavator, Bupati Lay Jadwalkan Bertemu Kelompok Penerima Bantuan

Ditanyakan kemungkinan mediasi berikutnya sudah ada kesepakatan kedua kubu, Helio meyakini tersebut.

” Ini pendapat saya ya, saya lihat ada itikad baik dari tergugat 1 dan 2 maka saya yakin pasti ada kesepakatan di mediasi berikutnya, ” Tutup Helio. YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here