Jelang Final Euro 2020, Ini Catatan Pertemuan Italia VS Inggris

398
Ist. Italia Vs Inggris, Dua Raksasa Eropa yang akan berlaga di partai Puncak di perhelatan Bola Kasta Tertinggi Eropa EURO 2020.

Goberita. Id. Perhelatan bola kaki bergengsi dan kasta tertinggi di Eropa, Euro 2020, akan segera memiliki sang jawara utama. Di partai puncak nanti dua raksasa bola Eropa, Italia dan Inggris akan berlaga pada senin (12/07/2021) dini hari di Stadion Wembley, London, Inggris. Italia melaju ke Final setelah sebelumnya di babak semifinal mengalahkan Spanyol melalui drama adu pinalti dengan skor 4-2. Sedangkan Inggris berhasil menaklukkan Tim dinamyt Denmark dengan skor 2:1. Italia VS Inggris diprediksi akan menjalakan laga yang penuh keseruan di Final nanti. Keduanya memiliki sejarah pertemuan di beberapa laga biasa dan babak puncak baik di Piala Dunia dan Euro.

Dikutip dari BolaSport. Com, Kedua tim telah saling berhadapan 27 kali dengan Italia menang 11 kali dan Inggris delapan kali, sedangkan delapan pertandingan lainnya berakhir seri. Italia gagal memenangkan salah satu dari delapan pertemuan pertama kedua tim, sedangkan Inggris berhasil meraih satu kemenangan dari tujuh pertandingan terakhir.

Baca Juga:  Covid-19 Bisa Sembuh Sendiri

Inggris menderita kekalahan pada pertemuan terakhir kedua tim di Euro. Gol menit akhir Marco Tardelli membuat tuan rumah Gli Azzurri menang 1-0 di babak penyisihan grup Euro 1980, kemudian Italia menang lewat adu penalti di perempat final Euro 2012 yang ditandai dengan eksekusi penalti ala ‘Panenka’-nya Andrea Pirlo. Italia tidak pernah kalah dari Inggris di final turnamen besar, dengan kemenangan 2-1 Piala Dunia 1990 (perebutan tempat ketiga) dan Piala Dunia 2014 (fase grup)

Baca Juga:  Dukung FRESH, Martinus Siki Bahas Pembangunan TTU. GO. PDIP -BELU.

Final EURO 2020 Italia vs Inggris akan menyajikan duel antara dua pelatih korban semifinal. Timnas Italia dan timnas Inggris akan menjadi dua kontestan yang akan saling jegal di partai puncak. Laga final kali ini akan menjadi yang pertama kalinya bagi Inggris di ajang internasional sejak 1966. Sementara itu, laga final kali ini juga menjadi yang pertama bagi Italia sejak 2012.

Selain itu, laga final kali ini masih merupakan momen yang berharga bagi kedua pelatih dari kedua tim. Pasalnya, kedua pelatih yang akan berlaga di babak final nanti pernah menjadi korban semifinal di ajang EURO.

Dari kubu timnas Italia, Roberto Mancini pernah bermain untuk Gli Azzurri pada ajang Euro1988. Mancini gagal membawa Italia lolos ke babak final karena harus kalah di semifinal. Italia takluk dengan skor 0-2 dari tim kuat yang sempat berjaya pada saat itu, Uni Soviet.

Baca Juga:  WHO: Pandemi Covid-19 Di Italia Sudah Puncaknya Pekan Ini, Tembok China Dibuka

Sementara itu, pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, merupakan salah satu bagian dari skuad Three Lions dalam ajang Euro1996. Southgate ikut membawa Inggris lolos ke babak semifinal untuk bertemu dengan Jerman. Namun, Southgate justru menjadi biang kegagalan Inggris karena gagal mengeksekusi penalti. Inggris pun kalah dari Jerman dengan skor 6-7 dalam adu penalti dan gagal berlaga di partai puncak.

Kini, baik Mancini maupun Southgate akan melakoni babak final EURO pertama mereka sebagai pelatih. YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

Comments

comments