Pasien Covid Di Belu NTT Terus Meningkat, Pelarangan Kerumunan Belum Berjalan

325
Data satgas Covid Belu 09/07/2021.

Goberita. Id. Warga Belu, NTT yang terkonfirmasi positif covid terus bertambah dan meningkat jumlahnya. Sudah hampir sebulan ini lonjakan kasus covid di Belu sangat mencemaskan masyarakatnya. Angka kematian dalam sepekan mencapai 5 orang. Dalam rangka pencegahan, Bupati Belu, Agus Taolin telah mengeluarkan Surat Bupati per tanggal 29/06/2021, bernomor: 360/BPBD/74/VI/2021 yang isinya dalam rangka pencegahan covid warga dilarang membuat acara dan berkerumun lebih dari 3 orang. Hanya hasil pantauan media penerapan surat tersebut belum terjadi dan berjalan sesuai amanat surat Bupati. Selain acara, kerumunan lebih dari 3 orang masih kita jumpai dimana saja.

Baca Juga:  Pantau Langsung Pembagian BLT, Bupati Belu Himbau Perkuat Ketahanan Pangan Lokal

Data satgas Covid Belu per Jumad (09/07) merilis terdapat 20 orang terkonfirmasi positif covid dalam sehari sehingga totalnya hingga kini 133 orang. Jumlah yang sembuh hanya 4 orang. Yang sedang menjalani perawatan di Fasilitas kesehatan Pemerintah sejumlah 9 orang sedang lainnya melakukan isolasi mandiri. Yang meninggal dalam sepekan yaitu sejak tanggal 02-08/2021 sebanyak 5 orang.

Baca Juga:  Dua Pasien Covid di Belu NTT Meninggal, Satunya Ayah JS Yang Baru Dimakamkan

Kerumunan lebih dari 3 orang dan melawan surat Bupati Belu tersebut dapat terlihat di pasar, nongkrongan di pinggir jalan, didepan toko yang menyediakan tempat ngobrol dan wifi gratis, di lapangan umum dan Fronteira Garden dan sejumlah tempat dan fasilitas publik lainnya. Kondisi ini miris, pasalnya Bupati telah mengeluarkan surat serta angka pasien covid terus bertambah.

Baca Juga:  Warga Belu Terkonfirmasi Covid Masih di Angka 100an, Apa Jenis Varian Yang Menyerang?

Upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Belu selama ini di bidang kesehatan adalah melakukan himbauan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas atau yang dikenal dengan sebutan 5M. Selain itu membenahi faskes dan penanganan khusus untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 juga menjalankan program Vaksinasi. YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

Comments

comments