La Albiceleste Juarai Copa America, Messi Ukir Sejarah Pertama Bersama Timnas

261
Selebrasi Pemain Argentina setelah Angel Di Maria Membobol Gawang Brasil di Menit ke 22.

Goberita. Akhirnya La Albiceleste julukan Argentina berhasil merebut tropi bergengsi di benua America, turnamen kasta tertinggi, Copa America setelah mengalahkan tim tuan rumah, juara bertahan, Brasil dengan skor tipis 1:0. Kemenangan Argentina atas Brasil ini adalah yang pertama kalinya di Copa America selama 5 pertemuan termuktahir. Terakhir kali Argentina mampu mengalahkan Brasil di Copa America adalah edisi 1991. Saat itu, La Albiceleste menang dengan skor 3-2 di laga terakhir putaran final grup yang membuat mereka jadi juara. Sejak saat itu, Argentina tidak pernah menang melawan Brasil di Copa America. Kemenangan ini juga adalah sejarah pertama bagi messi mengangkat Trofi bersama Timnas Argentina.

Baca Juga:  Warga Malaysia Melanggar Perintah Lockdown

Gol semata wayang Angel Di Maria di menit ke 22, menggetarkan Estadio do Maracana, Rio de Janeiro, Minggu (11/7/2021) waktu setempat. Di Maria memanfaatkan dengan baik umpan lambung Rodrigo De Paul dari lini tengah. Di Maria yang dapat menggapai bola kemudian menuntaskan peluang dengan bola lob nan indah yang tidak bisa dijangkau penjaga gawang Brasil, Ederson Moraes.

Pertandingan berlangsung sangat ketat dan keras. Ketinggalan 1:0 membuat Tim Samba Brasil meningkatkan intensitas serangan, namun hingga babak pertama usai kedudukan tetap bertahan 1:0.

Dibabak kedua, Brasil bermain dengan pola menyerang penuh. Lini belakang Argentina mendapatkan serangan bertubi-tubi. Hasilnya pun berbuah manis, tim Samba berhasil mencetak gol lewat sontekan Richarlison setelah mendapat bola pantulan dari rekannya di depan kotak penalti Argentina pada menit ke-53. Sayang, gol pemain Everton itu dianulir wasit karena dia sudah terjebak posisi offside. Satu menit kemudian, Richarlison kemudian mendapat peluang emas lagi dan kali ini bebas dari posisi offiside hanya saja mampu ditepis kiper Argentina, Martinez. Hingga peluit panjang berbunyi, kedudukan tetap 1:0.

Baca Juga:  ISIS Lebih Memilih Cuci Tangan Daripada Serang Eropa

Keberhasilan ini merupakan pencapaian istimewa bagi kapten Tim Nasional (Timnas) Argentina, Lionel Messi. Ini merupakan trofi pertama Lionel Messi bersama Timnas senior Argentina, semenjak promosi pada 2005. Lionel Messi sebenarnya empat kali membawa Argentina lolos ke final turnamen mayor (Piala Dunia dan Copa America). Sayangnya, pada empat final itu, Lionel Messi dan Argentina selalu kalah. Tahun 2015 dan 2016, di Copa America, Argentina kalah dengan lawan yang sama yaitu Chile dan dengan cara yang sama yaitu adu pinalti. Sehingga tahun 2021 ini adalah kemenangan terbaik La Pulga, julukan Messi bersama timnas disaat Barcelona mengalami keterpurukan akhir-akhir ini. YP.

Comments

comments