Mancing Mania dan Perenang, Hati-Hati Ikan Ini Suka Masuk Alat Kelamin Manusia

506
Foto ist. Gadis Cantik Mandi di Sungai.

Goberita.id. liburan dan Akhir pekan seperti saat ini adalah waktu yang tepat menghibur diri dan keluarga melalui rekreasi out door atau di alam bebas diantaranya di sungai. Hanya saja ada kabar kurang baik bagi para pemancing, perenang dan suka berpetualangan di daerah sungai. Ada predator kecil yang mengintai dan bisa membunuh. Selama ini ikan air tawar yang dianggap paling mematikan adalah piranha. Sebenarnya ada ikan yang lebih kecil, tetapi lebih mematikan, yaitu Candiru. Ikan parasit ini hidup dengan cara menghisap darah ikan-ikan yang berukuran besar. Yang mengejutkan lagi ikan candiru bisa masuk ke tubuh manusia melalui alat kelamin laki-laki dan perempuan serta lubang anus.

Baca Juga:  Covid-19/Korona. Wabup Belu NTT : Pemda Belu Siap

Dikutip dari detiktravel.com, para peneliti berpendapat, kotoran manusia seperti air seni dirasa ikan candiru mirip seperti kotoran dari ikan. Bila kamu berenang telanjang, ikan ini akan masuk melalui celah anus atau vagina, bahkan bila ukurannya sangat kecil bisa masuk ke lubang penis. Apalagi ketika seseorang berenang lalu pipis dalam air itu akan memancing cepat candiru menyerang. Kebiasaan memancing masuk sampai kedalam rawa-rawa hingga kaki sampai perut tenggelam juga cukup berbahaya. Apalagi sambil telanjang, tapi tak banyak orang yang memancing sambil telanjang dan itu sepertinya agak aneh.

Baca Juga:  BANTE FC bankNTT Atambua Juara 1 Piala BeTA Bupati Cup, Denny Dethan : Kita Bersyukur.

Untuk diketahui, Candiru merupakan ikan yang berada dalam ordo ikan lele (Siluriformes), tetapi ukurannya jauh lebih kecil daripada lele yang biasa kita jumpai. Ukuran terbesar dari ikan candiru hanya sepanjang 15 cm, tapi rata-rata hanya memiliki panjang tubuh 5 cm.

Sebagai parasit, candiru juga menyerang ikan lainnya. Setelah mengetahui keberadaan mangsanya , ikan yang satu ini akan menuju celah-celah sirip ikan dengan duri yang terdapat di kepalanya. Duri tersebut akan melukai insang ikan lain dan mengeluarkan darah selagi ikan Candiru ini berada di dalam ikan tersebut. Sehingga ikan candiru disebut sebagai ikan vampir dari Brazil.

Baca Juga:  Bendungan Haekrit Yang Rusak, Ini Penjelasan Kuasa Direktur PT Pubagot Jaya Abadi

Tapi tak perlu cemas, kabar baiknya ikan Candiru ini adanya di Sungai Amazon belum ditemukan fakta ada di Indonesia. Sungai Amazon sendiri merupakan sungai terpanjang di dunia yang berada di benua Amerika Selatan. Sungai ini melintasi beberapa negara seperti Bolivia, Brasil, Kolombia, Ekuador, dan Peru.

Selamat berakhir pekan, tetap jaga imun tubuh dan mentaati protokol kesehatan pencegahan covid seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas atau yang dikenal dengan sebutan 5M. YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

Comments

comments