Musim Kemarau di Belu, Kakuluk Mesak Status Awas Atambua Selatan Waspada!

0
174
Hamdan Nurdin, Climate Forecaster BMKG stasiun Klimatologi kelas II Kupang.

Goberita.id. Zona musim di Provinsi NTT sudah berada dalam periode musim kemarau berdasarkan monitoring awal musim kemarau update 10 Juli 2021 oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Diperkirakan Provinsi NTT akan mengalami kekeringan pada beberapa kecamatan dalam kabupaten di NTT diantaranya Belu dengan status Awas, Siaga dan beberapa Kecamatan lainnya mengalami kondisi ekstrim dengan status Waspada. Sebab itu BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait ancaman bencana kekeringan tersebut.

Climate Forecaster (Peramal Iklim) BMKG NTT, Hamdan Nurdin, hari ini (21/07) mengatakan bahwa bencana kekeringan dalam prespektif meteorologi adalah dengan menimbang pada kondisi hujan yang terjadi dari pantauan pos hujan kerjasama yang dimiliki BMKG.

Dua Kecamatan di Belu yang di prediksi BMKG akan mengalami bencana kekeringan tersebut yaitu Kakuluk Mesak dengan status awas curah hujan akan rendah dan hari tanpa hujan panjang dan Atambua Selatan status waspada atau curah hujan rendah dan hari tanpa hujan sangat panjang dengan gejala kekeringan lebih ekstrim.

Kecamatan Kakuluk Mesak dan Atambua Selatan jelas Hamdan akan kekurangan pada sumber air baku dan berpengaruh pada produksi pertanian.

” Terkait dampaknya kekurangan air baku sudah pasti yang kemudian berimbas pada menurunnya produksi pertanian, ” Jelas Hamdan.

BMKG menurut Hamdan memperkirakan kondisi ini akan terjadi mulai bulan Agustus. Bahkan dikatakannya bulan ini kemarau akan mencapai puncaknya.

“Untuk prakiraan puncak musim kemarau tahun 2021 terjadi pada bulan Agustus, ” papar Hamdan.

Untuk itu masyarakat di dua kecamatan ini sebaiknya mengikuti beberapa anjuran dari BMKG dalam menghadapi musim kemarau yang berdampak pada bencana kekeringan ini.

” Langkah antisipasi diantaranya budidaya pertanian yang tidak membutuhkan banyak air, waspada kebakaran hutan, lahan,semak dan hemat penggunaan air bersih” tutup Hamdan.

Baca Juga:  Luther Reformator G Millu Pimpin Badan Saksi Pemilu PDI Perjuangan Kabupaten Belu

Peringatan dini BMKG NTT ini sebelumnya secara resmi dirilis pada tanggal 13 Juli 2021 oleh kepala stasiun Klimatologi kelas II Kupang, Rahmatulloh Adji.YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here