Fraksi PAN Belu Tolak Pengobatan Gratis Kalau Tak Ada Dasar Regulasi

1104
Yakobus Nahak Manek, SH, Ketua Fraksi PAN DPRD Belu ( Foto: Ist).

Goberita.id. Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Belu menyatakan menolak program pengobatan gratis yang rencananya akan segera dicanangkan apabila tidak sesuai dengan regulasi. Selain pengobatan gratis PAN juga menyampaikan agar Pemerintah serius menangani pandemi covid. Terkait APBD pada dasarnya Fraksi PAN menyatakan menerima pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2020 untuk dibahas lebih lanjut dan di evaluasi ke Propinsi.

Demikian disampaikan Yakobus Nahak Manek SH, saat menyampaikan pendapat akhir Fraksi PAN dalam sidang I DPRD Belu, terhadap rancangan peraturan daerah tahun 2021 tentang pertanggungjawaban anggaran 2020 (23/07) malam di ruang paripurna DPRD Belu.

Baca Juga:  Dugaan Pengrusakan Rumah, Shanty Taolin Lengkapi Berkas BAP

“pada dasarnya kami menerima hasil pertanggung jawaban pelaksanaan APBD 2020 untuk dibahas lebih lanjut dan dievaluasi ke tingkat propinsi” Ujar Yakobus

Soal pengobatan gratis menggunakan e-KTP yang akan dicanangkan Pemerintah senin (26/07) nanti, Fraksi PAN mempertanyakan regulasi dasar yang menyatakan pengobatan gratis boleh menggunakan e-KTP, apabila tidak terdapat regulasi yang mengatur tentang pengobatan gratis mengunakan e-KTP maka fraksi PAN menolak dengan tegas program tersebut.

Baca Juga:  Jarak Sosial Cegah Korona. Pasar Baru Atambua Belu NTT Sepi, Pedagang dan Pengojek Keluhkan Pendapatan

Fraksi PAN tersebut juga menyikapi beberapa persoalan. Untuk mengurangi penyebaran covid 19, Fraksi PAN meminta kepada pemerintah daerah kabupaten Belu agar melakukan pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan dalam lingkup pemerintahan dan dalam masyarakat secara baik dan secara berkala sehingga tidak terjadi perluasan penyebaran covid 19 di kabupaten Belu.

Terkait dana refocusing, Pemerintah diharapkan mengalokasikan dana penanggulangan covid 19 di setiap OPD yang menangani sesuai tupoksi sehingga di tahun yang akan datang tidak ada lagi refocusing.

Baca Juga:  Perkara Utang Piutang WMK dan AS, Kedua Pihak Berbeda Tegas Soal Objek Sewaktu Mediasi

Di akhir Kobus Manek kembali menegaskan 3 point utama yang disampaikan PAN. Bahkan PAN menurut Kobus, menolak pengobatan gratis kalau tidak ada dasar regulasi.

“tiga poin yang kami sampaikan jelas, dan kami harap bisa ditindak lanjuti oleh pemerintah, pengobatan gratis harus ada regulasi, kalo tidak ada maka tegas kami menolak” Tandas Yakobus Manek. YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

Comments

comments