PN Atambua Kembangkan Layanan Peradilan Diantaranya Hakim Masuk Desa

246
Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kelas 1B Atambua, Decky A.Safe Nitbani,SH.,M.H, saat Coffe Morning dengan Wartawan.

Goberita.id. Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1B Atambua akan melakukan pengembangan layanan peradilan bagi masyarakat kabupaten Belu dan Malaka. Ada 5 point utama yang akan dilakukan mulai bulan nopember tahun ini. Diantaranya pertama, Hakim masuk desa, kedua, terkait Statistik Kepaniteraan, ketiga pengambilan nomor antrian secara online, keempat konsultasi layanan secara online, dan yang kelima penggunaan timer pelayanan ( PTSP).

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Klas 1B Atambua Decky A.Safe Nitbani,SH.,M.H, saat menggelar acara coffe morning bersama wartawan di Atambua Kamis 16 September 2021.

Baca Juga:  Perkara Utang Piutang WMK dan AS, Kedua Pihak Berbeda Tegas Soal Objek Sewaktu Mediasi

Terkait Hakim masuk desa menurut Decky rencananya bakal di lakukan setiap hari jumat di desa yang ada di Kabupaten Belu dan Malaka.

“Hakim masuk desa ini kami akan lakukan mungkin bulan depan, sementara kita planning. Nanti kita akan sampaikan dahulu kepada kepala dan sekretaris, “Kata Decky.

Menurutnya dalam kegiatan tersebut, masyarakat bisa menanyakan secara langsung apapun yang berkaitan dengan hukum, baik itu terkait hukum pidana, perdata, maupun hal lain yang masih berkaitan dengan hukum.

Baca Juga:  Pasca Putusan PN Atambua, Kuasa Hukum Santy Taolin Ajukan Permohonan SP3

“Harapan kita, ketika hakim masuk desa maka akan ada pemahaman masyarakat terkait konstruksi hukum, sehingga masyarakat yang tidak tahu hukum itu seperti apa, jadi mengetahui, “ujar Decky

Selain itu, Ia menambahkan dibawa komandonya, Pengadilan Negeri kelas IB Atambua berkomitmen untuk menjadi lembaga yang bebas dari praktek korupsi.

Untuk itu ia berharap dukungan insan pers untuk bisa mengawal kegiatan – kegiatan di lembaga peradilan khusunya di wilayah Kabupaten Belu dan Malaka.

Baca Juga:  Genderang Perang Pencopotan Lima Pejabat di Belu Mulai Ditabuh, Maktaen: "Kami Tantang Bupati Buktikan Kesalahan !

“Tujuan kita untuk bisa menjadikan pengadilan sebagai tempat yang bebas dari korupsi, “Tandas Decky.

Coffe morning yang dilaksanakan PN Atambua ini jelas Decky sebagai tuntutan akan peradilan yang transparansi dan inovatif. Karenanya kemitraan dengan pers penting untuk turut serta menyampaikan bentuk-bentuk layanan peradilan bagi masyarakat.YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

Comments

comments