Sidang Komisi dan OPD Ditiadakan, ADPRD Belu Protes

665
Sidang DPRD Belu tentang perubahan APBD 2021.

Goberita.id. Sidang DPRD Belu tentang perubahan APBD 2021 telah dibuka dan dimulai. Pada agenda penetapan jadwal sidang, anggota DPRD Belu dari Fraksi PDIP, Theodorus Manehitu Djuang, memprotes sebab dalam jadwal sidang yang disusun Badan Musyawarah (Banmus), peran komisi DPRD Belu terkesan diabaikan. Komisi tidak lagi membahas kegiatan bersama OPD. Pembahasan kegiatan dan anggaran bersama OPD sesuai jadwal langsung bersama Badan Anggaran (Banggar). OPD tidak lagi memaparkan target, realisasi dan capaian dari anggaran sebelumnya dengan komisi sebagai mitra. Tidak puas, Manehitu mengusulkan agar pada Tatib yang ada diagendakan rapat antara Komisi dan OPD.

Baca Juga:  Data Covid-19 di Belu Hari Ini, ODP Bertambah.

“Seperti kali lalu, tahun kemarin, ada rapat Komisi dan OPD terkait realisasi, dimana dalam KUA PPAS Itu ada angka-angka hasil refocusing, salah satu contoh ada bangunan yang dari 5 Miliar menjadi 500 juta, itu masih jadi bangunan atau seperti apa, terus kalau kita tidak tahu apa yang mau kita bahas dengan Banggar, “Ujar Manehitu saat sidang diruang paripurna DPRD Belu (22/09).

Baca Juga:  Terus Berbagi Kasih, Partai Golkar Salurkan Sembako

Menurut Manehitu, pentingnya Komisi membahas dengan OPD karena dalam tahun ini saja sudah terjadi 3 kali penjabaran APBD oleh Pemerintah. Lalu adanya larangan pelaksanaan proyek.

“Ini juga terkait surat dari wakil Bupati tentang larangan proyek, apakah ini sudah singkron dengan KUA PPAS ini, jangan sampai tetap ada dan nanti sudah selesai kerja proyek akan terbawa terus ke tahun depan, “tegas Manehitu.

Baca Juga:  Tuntut Honor, Tenaga Penunjang Covid RSUD Atambua Ancam Mogok

Dirinya merasa ada yang janggal sebab seolah-olah komisi tidak diberikan ruang membahas bersama OPD. “Tahun lalu ada jadwal komisi dengan OPD, kenapa tahun ini tidak boleh, jangan sampai kami bisa menafsir lain, “tandasnya.

Hadir dipersidangan ini dari Pemerintah Bupati Belu, Wabup, Penjabat Sekda Belu dan pimpinan OPD. Sidang DPRD ini dipimpin oleh Ketua DPRD Belu, Jeremias Manek Jr. YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

Comments

comments