Bupati Belu Polisikan 4 Akun FB, Terlapor HCM Mirip Inisialnya, Begini Tanggapan Helio Caetanu Moniz

496
Helio Caetanu Moniz (HCM).

Goberita.id. Bupati Belu, Agus Taolin, melalui Kabag Hukum, Yeani Lalo SH, pada kamis (23/09) melaporkan 4 akun Facebook dengan inisial, HCM, FP, GB dan DA ke Polres Belu. 4 akun yang dilaporkan diduga melakukan pencemaran dan pemfitnahan terhadap Bupati Belu. Helio Caetanu Moniz yang juga sering dipanggil HCM mengakui adanya kesamaan inisial tersebut.

Helio menyetujui apabila adanya tindakan tegas kepada setiap akun yang mencemarkan dan memfitnah di media sosial.

“Siapa saja kalau dicemarkan, dibully dan difitnah harus melapor ke Polisi, dan itu kita dukung, “Ujarnya Helio melalui telepon selulernya (26/09) hari ini.

Baca Juga:  Panen Tomat Ketiga Kelompok Samurai Manleten Dihadiri Pemda dan DPRD Belu

Menanggapi laporan Polisi oleh Bupati melalui Kabag Hukum, Helio menilai ada kekeliruan.

“Menurut saya, soal laporan itu tidak bisa dilaporkan oleh Bupati dalam hal ini kabag hukum karena Bupati Belu maupun Kabag hukum adalah jabatan. Jabatan adalah badan hukum publik sehingga mewakili seluruh pegawai Pemkab Belu dan masyarakat Kabupaten Belu, karena UU nomor 9 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemda pasal 65 ayat 1 huruf e mengatur kepala daerah mempunyai tugas mewakili daerahnya di dalam dan di luar pengadilan.
Maka kalau laporan itu diajukan oleh Bupati lewat Kabag hukum artinya Bupati atau Kabag hukum telah mewakili kepentingan pemerintah Pemda Belu secara keseluruhan, “Papar Helio.

Baca Juga:  Beralamat Jelas Namun DPO Moge HD 2017 Sampai Saat Ini Belum di Temukan

Lanjutnya, “Terlapor bisa melakukan gugatan perbuatan melawan hukum kepada bapak Agus Taolin dan ibu Yeani Lalo sebagai pribadi ke Pengadilan Negeri terkait perbuatan melawan hukum mencemarkan nama baik para terlapor secara immateril, “Jelas Helio yang juga adalah seorang Pengacara.

Helio mengatakan sebagai Warga Negara Indonesia yang taat hukum dirinya siap selalu. Namun dirinya belum yakin HCM yang dimaksud adalah dirinya. Sebab sejak pelaporan hingga kini belum tidak ada panggilan Polisi kepadanya.
“Tapi kalau boleh saran, boleh diikut boleh tidak, sebaiknya Pa Bupati dan OPDnya fokus saja dulu membangun dimasanya, “Katanya dengan canda.YP.

Comments

comments