Hasil Pemeriksaan PCR, 29 Atlit PON Papua Positif Covid 19

184
Ist. Pembukaan PON XX Papua.

Goberita.id. Atlet dan ofisial Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua sebanyak 29 orang dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani pemeriksaan PCR di sejumlah fasilitas kesehatan di Papua.

Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule menyebut, berdasarkan data yang diterimanya hingga 5 Oktober 2021 pada pukul 20.00 WIT, dari 29 kasus ini, satu di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

Ke-29 kasus tersebut terdiri dari Kabupaten Mimika tiga belas kasus, Kabupaten Jayapura tujuh kasus, Kota Jayapura enam kasus dan Kabupaten Merauke tiga kasus,” kata Silwanus, Selasa (5/10/2021) dikutip dari radarntt.

Baca Juga:  Update Data Covid Kabupaten Belu Terbaru Per Jumad 6 Agustus

Menurut Silwanus, 28 kasus yang lainnya masih dalam penanganan dimana kondisi kesemuanya tidak bergejala dan atau gejala ringan.

Penanganannya dilakukan dengan isolasi terpusat yakni pada kapal-kapal yang sudah disiapkan Satgas Covid 19 dan PB PON Papua, lalu pada rumah sakit mitra yang bekerja sama dengan PB PON Papua. Ada yang dari DKI Jakarta, Sumatera Utara, NTT, Kalimantan Timur, Banten, Sulawesi Selatan, Jawa Timur dan Jawa Barat,” urainya.

Baca Juga:  Penampilan Penari Likurai Kabupaten Belu NTT Di Australia Batal Karena Covid-19

Walau demikian, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menyatakan pelaksanaan pertandingan PON XX Papua tetap berjalan. Menpora mengaku akan memanggil Panitia Pengawasan dan Pengarah (Panwasrah) bersama PB PON untuk membahasan masalah ini.

“Saya akan kumpulkan Panwasrah dan PB PON, beserta segenap elemen yang terlibat, berusaha meminimalisir risiko transmisi COVID-19 melalui berbagai strategi, di antaranya penegakan protokol kesehatan (Prokes) ketat,” Kata Menpora Zainudin kepada wartawan usai menyaksikan perlombaan menembak di Arena Menembak, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, (6/10/2021).

Baca Juga:  Setelah Wagub, Gubernur NTT Terkonfirmasi Positif Covid-19

“Kegiatan mereka hanya dari tempat akomodasi ke tempat pertandingan, tanpa peluang mengunjungi tempat lain di luar agenda yang ditetapkan. Oleh karena itu, akan ditelusuri masuknya virus tersebut. Kita bersama-sama mengecek asal virus ini,” Jelas Menpora.

Katanya lagi,“ Kita himbau ke masyarakat kalau bergejala, jangan keluar rumah atau kelokasi, periksa dulu ke dokter agar tidak terjadi transmisi.”YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

Comments

comments