Rawan Kebakaran di Puncak Kemarau, BPBD Ingatkan Hindari Prilaku Ini !

158
Kepala BPBD Kab. Belu, Balthasar Bouk.

Goberita.id. Musim kemarau tahun ini telah berada dimasa puncak. Dampaknya adalah selain bencana kekeringan juga kebakaran. Mengantisipasi rawan kebakaran ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belu selalu menyampaikan informasi upaya pencegahan terhadap bencana tersebut melalui Live RRI dan media lainnya. Adapun faktor terjadinya kebakaran kebanyakan akibat kelalaian dan ulah manusia.

Kepala BPBD Belu, Balthasar Bouk, ditemui diruang kerjanya (11/10) hari ini, menguraikan faktor dan prilaku yang mengarah yang bisa menyebabkan kebakaran.

Baca Juga:  Tanggapan Warga Setempat Terkait Postingan Hoax Akun Sipry Tentang Sumber Air Motamoru

“Untuk kebakaran rumah kita menghimbau agar kalau keluar rumah bepergian harus memastikan kompor dan api ditungku sudah dimatikan, instalasi kabel yang sudah termakan usia sehingga sudah rusak, tarik aliran dari rumah kerumah atau ke tetangga tanpa koordinasi dengan PLN, harusnya bersama PLN supaya mereka lebih paham teknisnya,” Papar Balthasar.

Kata Balthasar, Selain rumah juga prilaku yang sering terjadi akibatkan kebakaran lahan.

Baca Juga:  Kabar Gembira ! Gubernur NTT Bebaskan Sanksi Kendaraan Bermotor, Simak Apa Saja

“Masyarakat kita sering ladang berpindah-pindah sehingga waktu pembakaran lahan tidak lebih dahulu pembersihan akibatkan apinya merambat ke lahan lain, kebiasaan atau tradisi kita berburu babi hutan bakar lebih dahulu biar buruannya keluar dan gampang ditangkap, akibat dari puntung rokok yang dibuang sembarangan di sepanjang jalan,” Jelas Balthasar.

Tambahnya, “Kita harapkan melalui media menyampaikan informasi agar masyarakat Belu menghindari tindakan yang bisa menyebabkan kebakaran.”

Baca Juga:  Sidang Komisi dan OPD Ditiadakan, ADPRD Belu Protes

Untuk kesiapan BPBD kata Balthasar di intasinya prinsipnya mendukung unit Pemadam Kebakaran (Damkar) yang ada di Satpol PP. Saat ini ada 3 unit mobil Damkar di BPBD dan 3 unit lainnya di Pol PP. Mobil tersebut katanya selalu terisi air dan siaga bergerak apabila terjadi kebakaran. YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

Comments

comments