Tanggal 26 Mutasi Eselon II di Lingkup Setda Belu? Ini Penjelasan Sekda Belu

1190
Sekda Belu, Johanes Andes Prihatin (Foto: Kominfo Belu).

Goberita.id. Jabatan Bupati Belu, dr. Agus Taolin,dan Wakil Bupati Belu, Aloysius Haleserens, akan menginjak usia 6 bulan pada tanggal 26 Oktober 2021 nanti. Sesuai regulasi, mutasi eselon II di lingkup Sekretariat Daerah Belu sudah dapat dilakukan. Sekretaris Daerah (Sekda) Belu, Johanes Andes Prihatin, menjelaskan bahwa selaku ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) pihaknya telah memulai proses mutasi eselon dua untuk mengisi jabatan pimpinan dinas dan badan yang kosong saat ini.

Sekda Belu, yang kerap disapa Yap, usai kegiatan di DPRD Belu, Jumad (22/10) menjelaskan bahwa walau mutasi itu kan dilakukan namun tidak harus tepat di tanggal 26 bulan ini.

Baca Juga:  Satu Warga Tini, Belu, Pasien Covid di RSUD Atambua Meninggal Dunia

“Tanggal 26 itu kan dihitung batas waktu 6 bulan, tapi tidak ada kita bilang tanggal 26, tapi berproses ya, tentu saja kami Baperjakart juga sementara mempersiapkannya,” Jelas Yap.

Lanjutnya, “Intinya baperjakat mempersiapkan, perintah mutasi pa Bupati berkenan menandatangani kapan, kita ajukan secepat mungkin.”

Menurut Yap, mutasi dan pengisian eselon II dilingkup setda Belu sangat penting. Hal ini karena kekosongan pada pimpinan Dinas dan Badan yang harus bereselon II.

Baca Juga:  Program Sahabat Sentuh Langsung Kebutuhan Masyarakat dan Pesan Jurkam

“Perhari ini ada 17 OPD, 17 eselon 2 yang kosong. Nanti pertanggal 1 november bertambah 1 jadi 18 eselon dua yang kosong. Artinya dari kita punya 37 eselon dua kalau 18 nya kosong dan PLT ini kan agak sedikit mengganggu kinerja pemerintahan, jadi kita harus menyikapi itu,” papar Yap.

Selain mengisi jabatan dan kekosongan pada OPD, Yap mengatakan mutasi adalah bagian dari promosi dilingkup pemerintahan. Dengan mutasi urainya, akan memberi peluang bagi ASN yang jabatan eselon dibawah eselon II berpeluang di promosi meningkat ke jenjang karier lebih tinggi. “Eselon duanya misalnya mutasi ini kita isi, ini kan tertarik dibagian bawahnya ke eselon II eselon III,” ujarnya.

Baca Juga:  Sahabat Akan Mendaftar, " Sesu Lahola, Mate Bandera Hun!!

Yap menegaskan bahwa untuk mutasi eselon II ini sesuai aturan, Baperjakat yang dipimpinnya telah mengajukan permohonan persetujuan dari Gubernur, Menteri Dalam Negeri dan Komisi ASN. YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

Comments

comments