Hingga Waktu Batas Akhir, Proyek Rehab 5 Ruangan SDK Wehor Yang Dikerjakan CV Sinar Geometry Belum Selesai

975
Pekerjaan Proyek Rehab Lima Ruangan SDK Wehor yang belum selesai hingga batas akhir hari ini.

Goberita.id. Proyek rehab 5 bangunan SDK Wehor hingga saat ini belum selesai. Proyek ini dikerjakan CV Sinar Geometry yang beralamat di Kelurahan Umanen. Sumber dana dari APBD, kegiatan pengelolaan pendidikan sekolah dasar, sebesar RP. 492.299.999,99. Dengan jenis pekerjaan rehabilitasi ruang kelas dengan tingkat kerusakan minimal beserta perabotnya 5 ruang SDK Wehor. Durasinya kerja 100 hari kalender terhitung dari 27 juli-04 November 2021.

Pantauan media (04/11) hari ini, pembangunan lima unit yang sempat bermasalah ini nampak sudah di atap, sebagian gedung sudah dicat dan dipasang plafonnya. Namun pekerjaan lain seperti ganti jendela, pintu, dan sebagian lantai depan belum dikerjakan. Perabotan kelas berupa meja, kursi, papan tulis dan lainnya juga belum terisi. Instalasi listrik juga belum dipasang.

Kepala Sekolah SDK Wehor, Daniel Bau, yang dijumpai dilokasi proyek mengeluhkan hal ini. Menurutnya selain belum selesai, beberapa item pekerjaan meninggalkan persoalan.

Baca Juga:  Pemakaman Jenazah Pasien Covid Belu dibawah Guyuran Hujan dan Penuh Keharuan

“Ini tembok yang bagian atas semua ruangan ini pecah semua, tapi tidak tambal, hanya bagian bawah saja, bagian atas tutup plafon saja, kerja paling sembrono ini CV, ” ungkapnya.

Menurut Daniel, lima ruangan tersebut menampung 291 siswa. “ini bukan mau taruh arsip atau gudang, ini ada 291 anak-anak, ada apa-apa kedepan orang tidak salahkan kontraktor tapi saya yang akan disalahkan,” jelas Daniel.

Lanjutnya, “Atap belum habis plafon sudah habis duluan, terus habis atap baru cor plat, tembok sudah plester, cet baru bobol kembali pasang instalasi listrik, saya tanya arsitek mana yang suruh kerja begini, akhirnya baru-baru hujan ada plafon yang rusak karena tidak ada atap diatasnya.”

Hingga saat ini kata Daniel, dirinya tidak pernah bertemu dengan pimpinan CV Geometry. Menurutnya ketika menanyakan kepada tukang terkait siapa yang akan memperbaiki bagian-bagian bangunan yang masih rusak, para tukang menjawab bukan tanggungjawab mereka. Hal ini katanya karena tukang selalu berganti-ganti setiap kali.

Baca Juga:  Postingan Sumber Mata Air Motamoru, Dirut PDAM: Itu Tidak Benar dan Tendensius

“ini kontraktor tidak bertanggungjawab, kedepannya blacklist memang CV model begini, jangan lagi kasih pekerjaan kontraktor macam begini,” ucap Daniel dengan kecewa.

Kepsek SDK Wehor, Daniel Bau, saat menunjukan salah satu bagian tembok bagian atas yang retak namun tidak dibobol dan ditambal dan segera mau ditutup plafon oleh pekerja.
Namun demikian Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Ricky Naibili, yang dikonrfimasi melalui pesan Whatsapp (04/11) mengatakan pihaknya hari ini akan melakukan serah terima sementara pekerjaan atau Provisional Hand Over (PHO).

“Untuk SDK Wehor rencananya sore ini kami PHO, jika belum selesai kami akan kenakan denda keterlambatan pekerjaan,” jelas Ricky.

Berkaitan dengan item kerja yang dikerjakan namun tidak sesuai dengan harapan Ricky mengatakan bahwa akan diperbaiki. “itu pasti akan kami suruh perbaiki sebelum berita acara ditandatangani,” tandas Ricky.

Baca Juga:  F. X. Saka: Rindu Festival Fulan Fehan

Sama halnya dengan PPK, Kadis P dan K Kabupaten Belu, Jhonisius R Mali, menegaskan pihak kontraktor pelaksana, CV Sinar Geometry bakal dikenakan denda sesuai bunyi kontrak kerja. “Kalo belum selesai, ikut mekanisme kontrak, biasanya denda keterlambatan,” tegas Jhoni.

Untuk diketahui, proyek pelaksanaan rehab lima bangunan ruang SDK Wehor yang dikerjakan CV Sinar Geometry ini sebelumnya pernah bermasalah ketika pada bagian atapnya. Setelah dilaporkan maka atap tersebut dibongkar dan menggunakan bahan sesuai RAB. Cukup populer dan beruntung tahun ini, CV Sinar Geometry diduga saat ini menjadi salah satu kontraktor pelaksana pada rehab rumah jabatan 3 pimpinan DPRD Belu senilai 1,2 Miliar. YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

Comments

comments