Maria Mengunjungi Elisabeth

116

Renungan Minggu Pekan IV Adven
Oleh: Irenius Bambang Lelono

Goberita. Id. Firman Tuhan Allah, “Hai Betlehem, engkau yang terkecil diantara kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel yang permulaannya sudah sejak purbakala.

Ia akan membiarkan mereka sampai saatnya perempuan mengandung itu telah melahirkan. Maka ia akan bertindak dan menggembalakan mereka dalam Kekuatan Tuhan. (Mi 5:1-4a).

Hai gembala Israel, pasanglah telinga, engkau yang menggiring Yusuf sebagai kawanan domba! (Mzm 80:2ab)

Saudara-saudara, ketika Kristus masuk ke dunia, Ia berkata: Korban dan persembahan tidak Engkau kehendaki- tetapi Engkau telah menyediakan tubuh bagiku..Lalu Aku berkata: Sungguh Aku datang..untuk melakukan kehendak-Mu, ya Allah-Ku, sebagaimana tertulis dalam gulungan kitab tentang Aku, Sungguh Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu (Ibr 10:5-10).

Baca Juga:  Esperanza

Bergegaslah Maria menuju sebuah kota di wilayah Yehuda masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet.

Mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang didalam rahimnya..Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus, lalu berseru:

“Diberkatilah engkau diantara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu, “Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?(Luk 1:39-45).

Dari Betlehem bangsa terkecil di antara bangsa Yehuda, di nubuatkan nabi Mikha, akan muncul RAJA besar yang akan memerintah Israel.

Dialah Yesus Sang Mesias yang akan lahir dari kandungan seorang perempuan bernama Maria. Yang setelah mendengar kabar dari Malaikat Gabriel bahwa Elisabet saudarinya sedang mengandung, ia bergegas mengunjunginya.

Baca Juga:  Menjadi Pemimpin Ala Yesus

Saudara/i ku, kepedulian dan perhatian Maria kepada Elisabet yang sedang mengandung, sungguh luar biasa.

Karena cinta kasih-Nya kepada Elisabet, maka jarak tempat tinggal mereka yang jauh, tidak menjadi masalah bagi Maria.

Dan ketika Elisabet mendengar salam dari Maria, bayi yang di kandungnya melonjak kegirangan dan dipenuhi dengan Roh Kudus, sehingga berseru, “Diberkatilah engkau diantara semua perempuan, dan diberkatilah buah rahimmu.”

Iman dan kepercayaan Maria kepada Tuhan dan tentang kabar yang disampaikan Malaikat Gabriel itulah yang membawa sukacita dan kegembiraan bagi Elisabet dan bayi dalam kandungannya.

Seperti dikatakan Elisabeth, “Sungguh berbahagialah ia yang telah percaya, sebab firman Tuhan yang dikatakan kepadanya akan terlaksana”

Hari Raya Natal sudah semakin mendekat, kita diajak untuk mempersiapkan diri dengan belajar untuk berkorban.

Baca Juga:  Fenomena Patung Bunda Maria Menangis

Supaya menjadi seorang sahabat yang senantiasa siap sedia dan taat untuk melaksanakan kehendak Allah.

Karena kehendak Allah inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama lamanya oleh persembahan Tubuh Yesus Kristus.

Marilah kita jadikan Bunda Maria teladan dalam hidup kita dalam berimankan kepada Tuhan dan kepeduliannya kepada keluarga dan sesama.

Ya Allah, kedatangan Yesus Kristus sudah semakin mendekat. Bukalah mata hati kami untuk menyambut-Nya dengan penuh kegembiraan dan rasa syukur atas hidup baru yang dianugerahkan kepada kami. Amin

Selamat Berhari Minggu Dan Beribadat.
Tuhan Yesus Memberkati. YP.

Yan Pareira
Author: Yan Pareira

Contack : Phone: +62 812-3986-2111, Email: goberita@gmail.com

Comments

comments